Perbedaan Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa SD Negeri 02 Barung-Barung Belantai dan SD Negeri 02 Gurun Panjang Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan

Afrizoni, Richi (2011) Perbedaan Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa SD Negeri 02 Barung-Barung Belantai dan SD Negeri 02 Gurun Panjang Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RICHI_ AFRIZONI_89874_2011.pdf] Text
final_B1_RICHI_ AFRIZONI_89874_2011.pdf

Download (698kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah, perbedaan tempat tinggal, sekolah yang berada di daerah perbukitan dan sekolah yang berada di daerah dataran rendah atau tepi pantai, juga pengaruh lingkungan, Status gizi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesegaran jasmani SDN 01 Barung-Barung Belantai dan SDN 02 Gurun Panjang. Jenis penelitian yang digunakan adalah komparasi. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Mei – Juni 2011. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V putera SDN 01 Barung-Barung Belantai dan siswa kelas V putera SDN 02 Gurun Panjang, jumlah sampel dalam penelitian ini adalah kelas V (putra) sebanyak 14 orang dari SDN 01 Barung-Barung Belantai dan kelas V (putra) sebanyak 13 orang dari SDN 02 Gurun Panjang jadi jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 27 orang (total sampling)pengumpulan data dengan Tes Tingkat Kesegaran Jasmani (TKJI), 2010. dengan T Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan uji perbedaan (uji-t) hit = 2.664 > t 2.060. Hal ini membuktikan adanya perbedaan secara nyata pada tingkat kesegaran jasmani siswa SD Negeri 02 Barung-Barung Belantai lebih baik dari pada SD Negeri 02 Gurun Panjang yang dilihat melalui Tes Kesegaran Jasmani Indonesia.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesegaran Jasmani,TKJI 2010, Perbedaan Geografis Sekolah Dasar, Uji-t
Subjects: S Sport
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 26 Sep 2025 02:04
Last Modified: 26 Sep 2025 02:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25658

Actions (login required)

View Item
View Item