Wirawan, Juni (2011) Hubungan Fasilitas Belajar dengan Hasil Belajar Mata Diklat Pemeliharaan Sistem Rem Siswa Kelas X dan XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 3 Solok Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_JUNI WIRAWAN-85212-2012.pdf [thumbnail of final_B1_JUNI WIRAWAN-85212-2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_JUNI WIRAWAN-85212-2012.pdf
Download (250kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari pengamatan dan observasi penulis saat melaksanakan Praktek Lapangan Kependidikan (PLK) di SMK Negeri 3 Solok Selatan. Rendahnya hasil belajar mata diklat pemeliharaan sistem rem siswa Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 3 Solok Selatan, tidak terlepas dari beberapa faktor yang mempengaruhinya. Fasilitas belajar yang lengkap akan memperlancar proses belajar mengajar dan menentukan hasil belajar siswa. Untuk melihat gejala yang ditimbulkan oleh fasilitas belajar dan seberapa kuat hubungannya dengan hasil belajar maka penulis mengajukan suatu hipotesis. Adapun hipotesis yang diajukan adalah: “Terdapat hubungan yang signifikan antara fasilitas belajar dengan hasil belajar mata diklat pemeliharaan sistem rem Siswa Kelas X dan XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 3 Solok Selatan”. Penelitian ini bersifat korelasional, tujuan penelitian adalah untuk mengungkapkan ada tidaknya hubungan antara fasilitas belajar dengan hasil belajar mata diklat pemeliharaan sistem rem Siswa Kelas X dan XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 3 Solok Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 3 Solok Selatan yang berjumlah 72 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dari populasi sebanyak 42 orang yang ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin. Data fasilitas belajar diperoleh dari penyebaran angket, sedangkan data hasil belajar mata diklat pemeliharaan sistem rem diperoleh dari nilai rapor semester ganjil TA 2010-2011. Jenis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus Korelasi Pearson Product Moment (PPM) dan untuk menguji keberartian koefisien korelasi r, dapat di uji dengan mengunakan uji t sehingga akan didapat apakah hasil penelitian dapat digeneralisasikan pada populasi. Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r (0,632 > 0,304) dan untuk uji keberartian korelasi didapat t hitung > t (5,157 > 1,684) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara fasilitas belajar dengan hasil belajar mata diklat pemeliharaan sistem rem Siswa Kelas X dan XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 3 Solok Selatan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fasilitas Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 02:04 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 02:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25655 |