Hubungan Disiplin dengan Hasil Belajar Mata Kuliah Listrik dan Elektronika Otomotif

Warman, Junaidi (2011) Hubungan Disiplin dengan Hasil Belajar Mata Kuliah Listrik dan Elektronika Otomotif. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_JUNAIDI_WARMAN_94211_4388_2011.pdf] Text
final_B1_JUNAIDI_WARMAN_94211_4388_2011.pdf

Download (225kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkapkan hubungan antara disiplin belajar (X) dengan hasil belajar mata kuliah Listrik dan Elektronika Otomotif (Y) mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Otomotif FT UNP angkatan 2009/2010, disiplin mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan cukup tinggi akan tetapi hasil belajar dari mahasiswa rendah. Metode penelitian ini adalah penelitian korelasional yang bersifat deskriptif. sampel penelitiannya adalah mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Otomotif angkatan 2009/2010 yang mengambil mata kuliah Listrik dan Elektronika otomotif dan terdaftar pada semester Juli-Desember 2010, berjumlah 43 orang. Variabel dalam penelitian ini adalah disiplin belajar (X), yang merupakan variabel bebas dan hasil belajar mata kuliah Listrik dan Elektronika otomotif (Y), yang merupakan variabel terikat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket (kuesioner) mengenai disiplin belajar. Untuk mengetahui validitas angket, digunakan teknik Korelasi Product moment, diperoleh nilai r table = 0,361. Apabila r hitung > r maka item angket tersebut dinyatakan valid. Berdasarkan hasil uji coba angket disiplin belajar yang berjumlah 46 item, terdapat 8 buah item yang gugur atau tidak valid. table Berdasarkan hasil analisis deskripsi data yang dilakukan 16,28% mahasiswa memiliki tingkat disiplin belajar yang sangat tinggi, 13,95% mahasiswa memiliki tingkat disiplin belajar yang tinggi. 38,44% mahasiswa memiliki tingkat disiplin belajar yang sedang, 16,28% mahasiswa memiliki tingkat disiplin belajar yang rendah, 18620% mahasiswa memiliki tingkat disiplin belajar yang sangat rendah. Sementara dari deskripsi data hasil belajar Listrik dan Elektronika Otomotif 48,83% mahasiswa mendapat hasil belajar dengan kategori amat baik, 30,23% mahasiswa mendapat hasil belajar dengan kategori baik, 11,63% mahasiswa mendapat hasil belajar dengan kategori cukup, 4,65% mahasiswa mendapat hasil belajar dengan kategori kurang dan 4,65% mahasiswa mendapat hasil belajar dengan kategori sangat rendah atau gagal. Untuk menguji hipotesis digunakan rumus Korelasi Product moment. Dari hasil analisis korelasi antara disiplin belajar dengan hasil belajar mata kuliah Listrik dan Elektronika otomotif diperoleh nilai t sebesar 3,1525 didapat nilai t (3,1525>1,683), maka H ditolak, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar mata kuliah LEO mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Otomotif FT UNP angkatan 2009/2010.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Listrik dan Elektronika Otomotif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 26 Sep 2025 01:28
Last Modified: 26 Sep 2025 01:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25649

Actions (login required)

View Item
View Item