Tatalia, Ricci Gemarni (2011) Perbandingan Kemampuan Menulis Cerpen dengan Menggunakan Teknik Copy the Master dan tanpa Menggunakan Teknik Copy the Master Siswa Kelas XII SMA Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_RICCI_GEMARNI_TATALIA_72587_1627_2011.pdf [thumbnail of final_B1_RICCI_GEMARNI_TATALIA_72587_1627_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_RICCI_GEMARNI_TATALIA_72587_1627_2011.pdf
Download (922kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lima hal sebagai berikut. Pertama, terbatasnya waktu yang disediakan kurikulum untuk latihan keterampilan menulis. Kedua, bahan-bahan untuk pembelajaran sastra relatif kurang. Ketiga, guru kurang kreatif mengemas model pembelajaran yang menarik minat siswa dalam menulis cerpen. Keempat, guru tidak menggunakan teknik-teknik kreatif yang cocok dan mampu memberikan latihan bagi siswa dalam mengembangkan keterampilan dalam menulis cerpen. Kelima, siswa kurang termotivasi mengikuti pembelajaran menulis cerpen karena sering kehabisan ide dalam menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis cerpen siswa kelas XII SMA N 5 Padang tanpa menggunakan teknik Copy the Master, mendeskripsikan kemampuan menulis cerpen siswa kelas XII SMA N 5 Padang dengan menggunakan teknik Copy the Master, dan mendeskripsikan perbandingan kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan teknik Copy the Master dan tanpa menggunakan teknik Copy the Master siswa kelas XII SMA N 5 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan penelitian “randomized control-group postest only desain”. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XII IPA SMA Negeri 5 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2010/2011. Sampel penelitian ini diambil dari anggota populasi, pengambilannya menggunakan teknik sample random sampling, dan didapat dua kelas, yaitu XII IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XII IPA 1 sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini adalah nilai kemampuan menulis cerpen siswa kelas XII IPA SMA Negeri 5 Padang. Data dianalisis dengan menggunakan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, uji Liliefors untuk uji normalitas dan homogenitas data, dan uji-t untuk mengetahui perbandingan kemampuang menulis cerpen dengan menggunakan teknik Copy the Master Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Pertama, kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan teknik Copy the Master siswa kelas XII IPA SMA Negeri 5 Padang berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata 77,08. Kedua, kemampuan menulis cerpen tanpa menggunakan teknik Copy the Master siswa kelas XII IPA SMA Negeri 5 Padang berada pada kualifikas cukup (C) dengan rata-rata 63,31. Ketiga, berdasrkan uji-t pada taraf 0,05 diperoleh t hitung = 7,05 dan t tabel= 1,67. Jadi, H1 diterima. Hal ini berarti kemampuan menulis cerpen siswa dengan menggunakan teknik Copy the Master lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan menulis cerpen tanpa menggunakan teknik Copy the Master.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | menulis cerpen tanpa menggunakan teknik Copy the Master |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 01:19 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 01:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25648 |