Sari, Neli Pita (2011) Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Menulis Ringkasan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_NELI_PITA_SARI_87173_4056_2011.pdf [thumbnail of final_B1_NELI_PITA_SARI_87173_4056_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_NELI_PITA_SARI_87173_4056_2011.pdf
Download (300kB)
Abstract
Penelitian ini memiliki tiga tujuan. Pertama, memperoleh deskripsikemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sintuk TobohGadang Kabupaten Padang Pariaman. Kedua, memperoleh deskripsi kemampuanmenulis ringkasan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sintuk Toboh GadangKabupaten Padang Pariaman. Ketiga, menganalisis hubungan antara kemampuanmembaca pemahaman dengan kemampuan menulis ringkasan siswa kelas VIIISMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metodedeskriptif. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sintuk TobohGadang Kabupaten Padang Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2010/2011dengan jumlah sampel 30 orang. Data penelitian diperoleh melalui tes objektifuntuk kemampuan membaca pemahaman dan tes unjuk kerja untuk kemampuanmenulis ringkasan. Penganalisaan data dilakukan secara deskriptif-analitis sesuaidengan penerapan konsep penelitian korelasional.Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan hal-halberikut. Pertama, kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri1 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman termasuk pada kualifikasilebih dari cukup (LDC) dengan nilai 70. Kedua, kemampuan menulis ringkasansiswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariamantermasuk pada kualifikasi lebih dari cukup (LDC) dengan nilai 68,66 Ketiga,terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan membaca pemahamandengan kemampuan menulis ringkasan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 SintukToboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman pada derajat kebebasan n-2 pada tarafsignifikan 95%. Artinya, kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuanmenulis ringkasan terdapat hubungan yang erat. Apabila kemampuan membacapemahaman siswa tinggi, kemampuan menulis ringkasan juga tinggi. Sebaliknya,apabila kemampuan membacanya rendah, kemampuan menulis ringkasanya jugarendah.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KEMAMPUAN MEMBACA, KEMAMPUAN MENULIS |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 01:19 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 01:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25645 |