Syukri, Rica Amalia (2011) Pemasaran Pada Usaha Batik di Kecamatan Pelayangan Seberang Kota Jambi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_RICA_AMALIA_SYUKRI_65685_564_2012.pdf [thumbnail of final_B1_RICA_AMALIA_SYUKRI_65685_564_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_RICA_AMALIA_SYUKRI_65685_564_2012.pdf
Download (409kB)
Abstract
Keberadaan usaha batik di Provinsi Jambi sudah semakin sedikit, usaha ini merupakan bentuk kerajinan atau usaha rumah tangga yang memproduksi batik Jambi dan telah ada sejak zaman dahulu hingga sekarang yang mempunyai nilai seni dan budaya ciri khas dari Provinsi Jambi. Keindahan batik Jambi saat ini sepenuhnya belum bisa dikenal oleh masyarakat di luar Provinsi Jambi dikarenakan kendala yang dihadapi oleh pengusaha batik yang masih kesulitan dalam mendapatkan bahan baku yang berimbas pada harga batik yang mahal, mempromosikan produk batik Jambi, jenis-jenis produk, tenaga kerja, pendistribusian/pemasaran batik yang kurang maksimal dan tentunya mengakibatkan jumlah produksi batik ikut berkurang, Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan/menjabarkan bagaimana pemasaran usaha batik Jambi yang berada di Kec. Pelayangan yang meliputi 4P yaitu Produk, Price (harga), Pendistribusian dan Promosi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini seluruh pemilik usaha batik yang ada di Kecamatan Pelayangan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari pemilik usaha batik sebanyak 10 responden. Data sekunder yaitu data yang diperoleh dari hasil observasi pada instansi terkait tentang usaha batik yaitu Kantor Camat Kecamatan Pelayangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini angket atau kuisioner berupa cheklist dengan menggunakan Skala guttman. Angket ini berisi pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan Pemasaran Usaha Batik. Uji validitas pada penelitian ini memakai acuan validitas konstruksi. Teknik analisis data yaitu data yang telah dikumpulkan lalu diolah dengan menggunakan analisis deskriptif dengan perhitungan persentase. Hasil penelitian Pemasaran pada usaha batik di Kecamatan Pelayangan dilihat dari variabel produk telah memenuhi pasar. Ini dilihat dari hasil penelitian total presentase sebanyak 64.58% responden dapat memproduksi batik sebagai pemenuhan keinginan konsumen. Dari variabel harga batik sudah cukup baik sebanyak 59.44.00% responden telah mengupayakan supaya harga produk batik mereka dapat bersaing dengan produk batik yang ada di pasaran. Dilihat dari variabel distribusi masih belum bisa berjalan dengan baik, dari hasil presentase 32.50%. responden masih kesulitan dalam pendistribusian batik. Dari variabel promosi batik hasil penelitian sebanyak 44.54% responden masih belum dapat mempromosikan produk batik mereka baik di Kabupaten dan Kota Jambi hingga ke Kota-Kota luar Provinsi Jambi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Batik Jambi,Pemasaran 4P ,Promosi dan Distribusi |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 09:01 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 09:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25638 |