Pengaruh Penggunaan Hand Out Pada Strategi Pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA)Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMPN 26 Padang

Amanda, Rica (2012) Pengaruh Penggunaan Hand Out Pada Strategi Pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA)Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMPN 26 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RICA AMANDA_04974.pdf] Text
final_B1_RICA AMANDA_04974.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 26 Padang disebabkan oleh beberapa hal terutama dari ketersediaan bahan ajar. Bahan ajar yang diberikan untuk kelangsungan proses pembelajaran disajikan dengan materi yang panjang lebar serta kata-kata yang sulit dipahami siswa. Menyebabkan siswa tidak dapat menagkap langsung inti dari materi pelajaran. Selain itu penggunaan strategi dan model pembelajaran masih kurang bervariasi sehingga mengakibatkan siswa cepat bosan dan pasif. Untuk itu diperlukan bahan ajar dan strategi yang mendukung proses pembelajaran. Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan adalah Hand Out dan dalam mengatasi permasalahan siswa yang cepat bosan dan pasif maka diterapkanlah strategi pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberiaan Hand Out pada strategi pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMPN 26 Padang. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 26 Padang yang berjumlah 229 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII kelas kontrol. Data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari hasil tes siswa di akhir penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan kriteria t 4 hitung > t maka hipotesis diterima dan sebaliknya. tabel, Dari hasil penelitian yang telah diuji, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 72,80 lebih tinggi dibandingkan dari nilai rata-rata kelas kontrol 66,85. Hasil uji hipotesis dengan Uji-t didapatkan t hitung yaitu 2,15 > dari t yaitu 2,00 berarti hipotesis dapat diterima dengan taraf nyata 0,05. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Hand Out pada strategi pembelajaran GQGA berpengaruh positif terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMPN 26 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi GQGA (Giving Question and Getting Answer),Hand Out (Bahan Ajar)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 26 Sep 2025 01:19
Last Modified: 26 Sep 2025 01:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25636

Actions (login required)

View Item
View Item