Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 31 Padang

Amalia, Fitri (2018) Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 31 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_RATIH_KUSUMA_DEWI_1540_1300801_2018.pdf] Text
B1_01_RATIH_KUSUMA_DEWI_1540_1300801_2018.pdf

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh model discovery
learning berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks
eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang. Jenis penelitian ini penelitian
kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini One Group
Pretest and Posttest Design. Jumlah populasi 271 siswa. Sampel dalam penelitian
ini adalah siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 31 Padang dengan jumlah 34 siswa
yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel dalam
penelitian ini ialah keterampilan menulis teks eksposisi siswa sebelum dan
sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini tes unjuk kerja. Data penelitian ini
skor hasil tes keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri
31 Padang sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning
berbantuan media audiovisual.
Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis teks eksposisi
siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang sebelum menggunakan model discovery
learning berbantuan media audiovisual berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup
(LdC) dengan nilai rata-rata 68,14. Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi
siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang sesudah menggunakan model discovery
learning berbantuan media audiovisual berada pada kualifikasi Baik (B) dengan
nilai rata-rata 82,84. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima
pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = n – 1 thitung > ttabel
(7,00>1,70).
Dengan kata lain, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII
SMP Negeri 31 Padang sesudah menggunakan model discovery learning
berbantuan media audiovisual lebih baik dibandingkan keterampilan menulis teks
eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang sebelum menggunakan model
discovery learning berbantuan media audiovisual. Dengan demikian, model
discovery learning berbantuan media audiovisual dapat berpengaruh untuk
meningkatkan pembelajaran keterampilan menulis teks eksposisi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Ridha Prima Adri S.Sos
Date Deposited: 26 Sep 2025 01:18
Last Modified: 26 Sep 2025 01:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25634

Actions (login required)

View Item
View Item