Rianto, Rianto (2009) Pelaksanaan Metode Drill dalam Meningkatkan Keterampilan Menyablon Baju Kaos bagi Anak Tunarungu Kelas VII di SLB Sri Mujinab Pekanbaru. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_RIANTO 78825-06-09.pdf [thumbnail of final_B1_RIANTO 78825-06-09.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_RIANTO 78825-06-09.pdf
Download (244kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan di lapangan yaitu dua orang anak tunarungu kelas VII mengalami kesulitan dalam menyablon baju kaos dengan benar. Hal ini terlihat dari kemampuan awal anak PR dan AS mengalami kesulitan dalam praktek menyablon. Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan menyablon baju kaos anak tunarungu dengan metode drill. Metodologi penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilakukan secara kolaborator dengan teman sejawat. Peneliti bertindak sebagai pengamat dan perancang kegiatan sedangkan teman sejawat bertindak sebagai pelaksana kegiatan. Subjek penelitian adalah dua orang anak tunarungu kelas VII SMPLB-B di SLB Sri Mujinab Pekanbaru. Hasil penelitian yang dilaksanakan pada siklus I sudah terlihat peningkatan pada anak tunarungu namun belum optimal. PR dan AS sudah terampil menyablon baju kaos namun masih belum benar dan rapi. Ini terlihat perolehan nilai PR 41% dan AS juga 41%. Pada siklus II terdapat peningkatan yang signifikan. PR dan AS sudah terampil menyablon baju kaos. Ini terlihat anak sudah bisa mengenal alat dan bahan yang digunakan untuk menyablon, mendesain gambar dan tulisan pada kaos, dan mencetak kaos dengan satu warna. Kondisi ini dibuktikan dengan perolehan nilai PR 64% dan AS 68%. Dapat disimpulkan bahwa dengan pelaksanaan metode drill dapat meningkatkan keterampilan menyablon baju kaos. Disarankan pada guru keterampilan dalam mengajarkan suatu keterampilan pada anak tunarungu dengan metode drill.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Drill (Latihan Berulang),Keterampilan Menyablon,Anak Tunarungu (atau Disabilitas Pendengaran) |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 01:18 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 01:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25633 |