Peningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Campuran dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di Kelas IV SDN 50 Kuranji Padang

Susanti, Riana (2011) Peningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Campuran dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di Kelas IV SDN 50 Kuranji Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RIANA_SUSANTI_95528_485_2012.pdf] Text
final_B1_RIANA_SUSANTI_95528_485_2012.pdf

Download (460kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa terutama pada materi operasi hitung campuran disebabkan proses pembelajaran matematika yang lebih banyak didominasi oleh metode ceramah kurang terarah. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan bentuk rencana pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar operasi hitung campuran dengan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik di kelas IV SDN 50 Kuranji. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Pertemuan dilaksanakan dalam empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan refleksi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 50 Kuranji. Instrumen penelitian adalah lembar pengamatan, hasil tes dan catatan lapangan Sumber data adalah proses pembelajaran operasi hitung campuran menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 28 orang . Hasil penelitian tindakan kelas ini diperoleh gambaran bahwa hasil tes siswa pada akhir tindakan siklus I menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar siswa (aspek kognitif, afektif dan psikomotor) adalah 61 dan pada akhir siklus II nilai rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 77,36. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan pendidikan matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar operasi hitung campuran di kelas IV SDN 50 Kuranji Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Matematika Realistik (PMR),Hasil Belajar Matematika,Operasi Hitung Campuran
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 26 Sep 2025 01:18
Last Modified: 26 Sep 2025 01:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25631

Actions (login required)

View Item
View Item