Seprina, Serly (2011) Pengaruh Pembelajaran Aktif Tipe Power of Two terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA Semester I SMAN 3 Pariaman Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SERLY_SEPRINA_73061_133_2011.pdf [thumbnail of final_B1_SERLY_SEPRINA_73061_133_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SERLY_SEPRINA_73061_133_2011.pdf
Download (170kB)
Abstract
Pembelajaran biologi di SMAN 3 Pariaman cenderung berpusat pada
guru. Hal ini disebabkan kurangnya motivasi belajar siswa sehingga hasil belajar
siswa menjadi rendah. Banyak upaya yang dapat dilakukan guru agar siswa aktif
dalam proses pembelajaran, antara lain dengan menerapkan pembelajaran aktif
tipe Power of Two. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh
pembelajaran aktif tipe Power of Two terhadap hasil belajar biologi siswa kelas
XI IPA semester I SMAN 3 Pariaman.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan
penelitian one group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh
siswa kelas XI IPA SMAN 3 Pariaman yang terdaftar pada semester I tahun
pelajaran 2010/2011. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik
total sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPA. Data yang diperoleh
dianalisis dengan menggunakan uji t dengan kriteria bila thitung > ttabel hipotesis
diterima.
Dari hasil analisis data terhadap nilai hasil belajar siswa pada kelas sampel
menunjukkan rata-rata hasil belajar biologi untuk nilai pretest (32,03) dan nilai
posttest (75,88). Dari uji hipotesis diperoleh thitung adalah 43,02 dan ttabel adalah
1,67 dengan demikian thitung > ttabel. Ini berarti H1 diterima pada tingkat
kepercayaan 95% (α = 0,05). Dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran
aktif tipe Power of Two berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar biologi
siswa di kelas XI IPA semester I SMAN 3 Pariaman.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 01:16 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 01:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25623 |