Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Pendekatan Eksperimen pada Siswa Kelas V SDN 14 Gurun Laweh Kota Padang

Zema, Osmizar (2011) Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Pendekatan Eksperimen pada Siswa Kelas V SDN 14 Gurun Laweh Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_OSMIZAR_ZEMA_90262_2011.pdf] Text
final_B1_OSMIZAR_ZEMA_90262_2011.pdf

Download (273kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa siswa dalam proses
pembelajaran hanya pasif mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru. Dalam
proses pembelajaran siswa ribut dan beberapa orang siswa asik bermain dengan
teman sebangkunya karena siswa tidak konsentrasi terungkap bahwa pemahaman
konsep IPA tidak begitu berkembang dan siswa tidak aktif dalam pembelajaran.
Hal ini dapat diatasi melalui pendekatan eksperimen, karena pendekatan
eksperimen akan membuat siswa terlibat langsung dalam proses pembelajaran.
Fenomena ini membuat peneliti tertarik untuk peningkatan hasil nelajar IPA
melalui pendekatan eksperimen. Tujuan penelitian (1) Bagaimana rencana
pembelajaran untuk peningkatan hasil belajar IPA melalui media pesawat
sederhana pada siswa kelas V SD Negeri 14 Gurun Laweh Kota Padang, (2)
Bagaimana pelaksanaan pembelajaran untuk peningkatan hasil belajar IPA
melalui pesawat sederhana pada siswa kelas V SD Negeri 14 Padang Gurun
Laweh Padang Kota Padang, (3) Bagaimana hasil pembelajaran IPA melalui
pesawat sederhana pada siswa kelas V SD Negeri 14 Kota Padang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 14 Gurun
Laweh Kota Padang. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa
pendekatan eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Langkah-langkah
pendekatan eksperimen adalah: (1) Tahap persiapan, (2) Tahap Pelaksanaan, (3)
Tahap akhir/tindak lanjut.
Hasil penelitian setelah siklus I menunjukan ketercapaian yang diperoleh
siswa pada aspek kognitif 66,67 %, aspek afektif 65,62 %, dan aspek psikomotor
66,66%. Oleh sebab itu penelitian dilanjutkan pada siklus II yang diperoleh siswa
adalah aspek kognitif 91,67 %, aspek afektif 78,13 %, dan aspek psikomotor 93
%. Telah terjadi peningkatan dari siklus I dan siklus II. Dengan demikian dapat
disimpulkan pada penelitian tindakan kelas melalui pendekatan eksperimen kelas
V SD Negeri 14 Kota Padang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENDEKATAN EKSPERIMEN
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 26 Sep 2025 01:15
Last Modified: 26 Sep 2025 01:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25616

Actions (login required)

View Item
View Item