Penggunaan Strategi Belajar Aktif Tipe Hollywood Squares Pada Materi Koloid Kelas XI di SMAN 2 Lengayang

Dianti, Hendia Mama (2012) Penggunaan Strategi Belajar Aktif Tipe Hollywood Squares Pada Materi Koloid Kelas XI di SMAN 2 Lengayang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_HENDIA MAMA DIANTI_73225.pdf] Text
final_B1_HENDIA MAMA DIANTI_73225.pdf

Download (531kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi
belajar aktif tipe Hollywood Squares, terhadap hasil belajar kimia siswa pada
materi koloid kelas XI di SMAN 2 Lengayang. Penelitian ini dilakukan di SMAN
2 Lengayang pada semester genap tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini
adalah eksperimen dengan Rancangan Randomized Control Group Only Design.
Untuk mengetahui hasil belajar siswa maka dilakukan tes hasil belajar
menggunakan 25 soal objektif. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil
belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata hasil belajar
pada kelas kontrol. Nilai rata-rata pada kelas eksperimen = 80,32 dan pada kelas
kontrol = 75,05. Setelah dilakukan uji-t pada taraf signifikan 5% atau α = 0,05
didapat thitung = 2,64 dan ttabel = 1,67. thitung > ttabel, berarti H0 ditolak dan H1
diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan
strategi belajar aktif tipe Hollywood Squares lebih tinggi dari pada hasil belajar
siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional pada materi koloid

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 26 Sep 2025 01:15
Last Modified: 26 Sep 2025 01:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25612

Actions (login required)

View Item
View Item