Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Pendekatan Problem Based Learning dalam Pembelajaran KPK dan FPB pada Soal Cerita di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 09 Air Pacah Padang

Jumyusrilliani, Jumyusrilliani (2011) Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Pendekatan Problem Based Learning dalam Pembelajaran KPK dan FPB pada Soal Cerita di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 09 Air Pacah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_JUMYUSRILLIANI_07458_2011.pdf] Text
final_B1_JUMYUSRILLIANI_07458_2011.pdf

Download (227kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan penelitian dan hasil wawancara terhadap guru di kelas V SDN 09 Air Pacah Padang, pembelajaran matematika selama ini masih bersifat konvensional, karena guru tidak pernah menggunakan pendekatanpendekatan dalam pembelajaran. Akibatnya, hasil belajar siswa menurun. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adakah untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Research). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang menjadi subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah seluruh siswa dan guru kelas V SDN 09 Air Pacah Padang, serta rencana pelaksanaan pembelajaran. Data ini diperoleh dengan menggunakan tes, observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Penelitian akan menggunakan pendekatan Problem Based Learning dalam melaksanakan pembelajaran menyelesaikan soal cerita dengan menggunakan KPK dan FPB. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Problem Based Learning memakai lima fase penerapan. Hasil belajar pada studi awal saat peneliti melakukan pengamatan nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas V tersebut adalah 5,5. Peningkatan pada hasil belajar siswapun terlihat pada setiap siklusnya. Penelitian ini dilaksanakan dengan II siklus. Siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 6,0. Siklus II nilai rata-rata kembali mengalami peningkatan menjadi 8,2 Hasil pengamatan terlihat peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Maka, dapat disimpulkan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan Problem Based Leraning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pendekatan Problem Based Learning dalam Pembelajaran KPK dan FPB pada Soal Cerita
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 25 Sep 2025 09:35
Last Modified: 25 Sep 2025 09:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25605

Actions (login required)

View Item
View Item