Penerapan Strategi Aktif The Power of Two pada Mata Pelajaran Matematika Kelas X SMA Negeri 3 Padang Tahun Pelajaran 2011/2012

Ali, Jumalia (2012) Penerapan Strategi Aktif The Power of Two pada Mata Pelajaran Matematika Kelas X SMA Negeri 3 Padang Tahun Pelajaran 2011/2012. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_JUMALIA ALI_83905.pdf] Text
final_B1_JUMALIA ALI_83905.pdf

Download (753kB)

Abstract

Hasil observasi di kelas X SMA Negeri 3 Padang menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa masih tergolong rendah. Untuk itu diterapkan strategi aktif the power of two. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematika siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif the power of two lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematika siswa dengan menggunakan metode konvensional dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa selama diterapkannya strategi pembelajaran aktif the power of two. Jenis penelitian ini adalah gabungan eksperimen dan deskriptif. Penelitian deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa selama diterapkannya strategi pembelajaran aktif the power of two. Rancangan penelitian eksperimen yang digunakan adalah Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Padang tahun pelajaran 2011/2012. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling sehingga terpilih kelas X sebagai kelas eksperimen dan X sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes kemampuan komunikasi matematika, Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Kuis. Data tes dianalisis menggunakan uji-t, sedangkan LKS dan Kuis dianalisis secara deskriptif. i 7 Dari hasil analisis tes kemampuan komunikasi matematika siswa, terlihat bahwa rata-rata kelas eksperimen (71,13) lebih tinggi dibandingkan rata-rata kelas kontrol (49,29). Jumlah siswa yang memperoleh nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 80 pada kelas eksperimen meningkat dari 3,13% menjadi 40,63%. Dari hasil tes penelitian disimpulkan bahwa hasil tes kemampuan komunikasi matematika siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif the power of two lebih baik daripada hasil tes kemampuan komuniksi matematika siswa dengan menggunakan metode konvensional. Peningkatan pada hasil belajar tidak diikuti dengan peningkatan pada kemampuan komunikasi matematika siswa. Berdasarkan analisis LKS dan Kuis dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematika tidak mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Aktif The Power of Two, Matematika Kelas X
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 25 Sep 2025 09:05
Last Modified: 25 Sep 2025 09:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25596

Actions (login required)

View Item
View Item