Hubungan Motivasi Belajar dengau Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas l IPS SMAPGRI I Padang

Marleni, Ria (2011) Hubungan Motivasi Belajar dengau Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas l IPS SMAPGRI I Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RIA_MARLENI_73786_4404_2011.pdf] Text
final_B1_RIA_MARLENI_73786_4404_2011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan di SMA PGRI 1 Padang yaitu masih ada sebagian siswa kurang berhasil dalam mata pelajaran Sosiologi. Hal ini disebabkan oleh gejala-gejala yang mempengaruhinya seperti ketidakseriusan siswa dan kurangnya perhatian terhadap tugas yang diberikan di dalam proses pembelajaran. Kurangnya motivasi belajar siswa diduga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Untuk itu perlu dilakukan penelitian guna mengkaji hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar Sosiologi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS SMA PGRI 1 Padang. Jenis penelitian ini tergolong penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA PGRI 1 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2010/2011. Sampel penelitian ini diambil secara proporsional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 67 orang. Teknik yang digunakan dalam metode pengumpulan data adalah metode kuesioner atau angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan antara lain uji normalitas dengan rumus Liliefors dan uji hipotesis dengan rumus korelasi product moment. Hasil uji hipotesis dengan rumus product-moment diperoleh nilai r 0.793 sedangkan nilai r 0.240, hal ini berarti terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar Sosiologi. Dari hasil uji hipotesis untuk melihat hubungan antara setiap indikator motivasi belajar dengan hasil belajar Sosiologi dapat dilihat bahwa semua indikator motivasi belajar memiliki hubungan dengan hasil belajar Sosiologi. Hasil analisis menunjukkan terdapat hubungan antara ketekunan belajar, ulet, perhatian dalam belajar, mandiri dalam mengerjakan tugas dan tanggung jawab dalam pembelajaran Sosiologi dengan hasil belajar Sosiologi. Jadi, untuk mendapatkan hasil belajar siswa yang baik, agar guru lebih meningkatkan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran Sosiologi seperti tabel pelaksanaan pembelajaran yang dapat membuat siswa bersemangat dalam belajar dan meningkatkan keseriusan siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar,Hasil belajar Sosiologi,SMA PGRI 1 Padang,Kelas XI IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 25 Sep 2025 09:01
Last Modified: 25 Sep 2025 09:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25593

Actions (login required)

View Item
View Item