Korelasi Kebiasaan Membaca dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Pariaman.

Murniati, Nel (2009) Korelasi Kebiasaan Membaca dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NEL MURNIATI 67213-05-09.pdf] Text
final_B1_NEL MURNIATI 67213-05-09.pdf

Download (147kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterkaitan antara kebiasaan membacadengan kemampuan membaca, khususnya kemampuan membaca pemahaman.Kebiasaan membaca memberikan pengetahuan, wawasan, dan pengalaman padapembaca. Pengetahuan, wawasan, dan pengalaman yang diperoleh bisa berupakemampuan memahami makna kata, istilah-istilah dalam berbagai bidang ilmu,dan pengetahuan lainnya. Pengetahuan, wawasan, dan pengalaman yang diperolehdari kebiasaan membaca mendukung kemampuan membaca pemahaman.Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untukmemperoleh hasil deskripsi tentang: (1) kebiasaan membaca siswa kelas VII SMPNegeri 4 Pariaman, (2) kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VII SMPNegeri 4 Pariaman, dan (3) korelasi kebiasaan membaca dengan kemampuanmembaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pariaman.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Instrumenyang digunakan ada dua yakni angket kebiasaan membaca dan tes kemampuanmembaca pemahaman. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPNegeri 4 Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah243 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 48 orang yakni 20% darikeseluruhan populasi siswa per kelas. Data penelitian ini adalah lembar angketkebiasaan membaca siswa dan tes kemampuan membaca pemahaman siswa, sertahasil korelasi kebiasaan mebaca dengan kemampuan membaca pemahamandengan menggunakan rumus koefisien korelasi product moment dan dilanjutkandengan pengujian hipotesis.Hasil penganalisisan data menunjukkan hal-hal sebagai berikut. Pertama,kebiasaan membaca siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pariaman berada padakualifikasi cukup dengan nilai rata-rata 59,55. Kedua, kemampuan membacapemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pariaman berada pada kualifikasikurang dengan nilai rata-rata 53,13. Ketiga, terdapat korelasi positif yang berartiantara kebiasaan membaca dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelasVII SMP Negeri 4 Pariaman dengan nilai t hitung (2,038) lebih besar dari t tabel(1,684). hipotesis yang diterima dalam penelitian ini adalah hipotesis penelitian(H1).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEBIASAAN MEMBACA, KEMAMPUAN MEMBACA, PEMAHAMAN SISWA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 25 Sep 2025 09:00
Last Modified: 25 Sep 2025 09:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25589

Actions (login required)

View Item
View Item