anggraini, Ria (2011) Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Warga Belajar Dalam Mengikuti Pembelajaran Kursus Komputer Pada Lembaga Pendidikan Progresso Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_RIA_ANGGRAINI_41957_2011.pdf [thumbnail of final_B1_RIA_ANGGRAINI_41957_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_RIA_ANGGRAINI_41957_2011.pdf
Download (252kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh warga belajar yang kurang bersemangat melaksanakan belajar, warga belajar yang datang terlambat, warga belajar yang sering keluar waktu proses kegiatan belajar dan warga belajar yang pulang sebelum jam kegiatan pembelajaran selesai. Tujuan penelitian adalah menggambarkan rendahnya motivasi belajar warga belajar di tinjau dari aspek sumber belajar/instruktur, aspek materi pembelajaran, aspek metode pembelajaran, aspek media pembelajaran, aspek tempat belajar, dan aspek evaluasi belajar. Dalam mengikuti pembelajaran kursus komputer pada lembaga pendidikan progresso. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif analitik yang menggambarkan pembelajaran pada Lembaga Pendidikan Kursus Komputer Progresso Jln Pemuda Nomor 24 Padang. Populasi adalah seluruh warga belajar pada Lembaga Pendidikan Kursus Komputer Progresso Jln Pemuda Nomor 24 Padang yang berjumlah 40 orang, teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode sensus. Data yang dikumpulkan dengan teknik angket dengan pengolahan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Gambaran sumber belajar/instruktur masuk dalam kategori cukup rendah, 2) Gambaran materi pembelajaran masuk dalam kategori cukup rendah, 3) Gambaran metode pembelajaran masuk dalam kategori cukup rendah, 4) Gambaran media pembelajaran masuk dalam kategori cukup rendah, 5) Gambaran tempat belajar masuk dalam kategori cukup rendah, 6) Gambaran Evaluasi belajar masuk dalam kategori cukup rendah. Disarankan agar meningkatkan sikap ramah tamah, kedekatan dan kerjasama antara sumber belajar/instruktur dengan sumber belajar/instruktur, sumber belajar/instruktur dengan warga belajar, dan warga belajar dengan warga belajar dalam kegiatan belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran kursus komputer,Sumber belajar / instruktur,Motivasi belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 09:00 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 09:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25584 |