Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas XII IPS SMA Bunda Padang dengan Teknik Group Sequensing (GS)

Rusiana, Ria (2009) Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas XII IPS SMA Bunda Padang dengan Teknik Group Sequensing (GS). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RIA RUSIANA 90581-07-09.pdf] Text
final_B1_RIA RUSIANA 90581-07-09.pdf

Download (93kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas XII IPS SMA Bunda Padang dalam membaca pemahaman menggunakan teknik group sequensing. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sampel penelitian berjumlah 76 orang, yang tersebar dalam dua kelas yaitu kelas XII IPS 1 berjumlah 39 orang dan kelas XII IPS 2 berjumlah 37 orang. Yang digunakan adalah tes kemampuan membaca pemahaman dengan teknik group sequensing. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ada 8 yaitu (1) pengertian membaca, (2) tujuan membaca, (3) pengertian membaca pemahaman, (4) tujuan membaca pemahaman, (5) teknik membaca pemahaman, (6) pengertian group sequensing, (7) fungsi dan manfaat group sequensing, dan (8) langkah-langkah pembelajaran membaca dengan teknik group sequensing. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: Pertama, memberi skor terhadap hasil tes. Kedua, mengolah skor menjadi nilai. Ketiga, mendeskripsikan berdasarkan nilai rata-rata. Keempat, mengklasifikasikan dengan menggunakan skala 5. Kelima, ,menginterprestasikan hasil analis data. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) pembaca berada pada tingkat sempurna tidak ada (0,0%), (2) pembaca pada tingkat cukup 43 orang (56,6%), dan (3) pembaca tingkat kurang 33 orang (43,4%). Secara umum, berdasarkan rata-rata hitung (M), kemampuan siswa kelas XII IPS SMA Bunda Padang dalam membaca pemahaman dengan teknik group sequensing (GS), berada pada tingkat instruksional (M = 64,58%). Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru SMA Bunda Padang agar mampu meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan teknik grup sequensing (GS) guna meningkatkan mutu pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan membaca pemahaman,Teknik Group Sequencing,Siswa kelas XII IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 25 Sep 2025 08:59
Last Modified: 25 Sep 2025 08:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25579

Actions (login required)

View Item
View Item