Pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) Mahasiswa Teknologi Pendidikan di Sekolah Menengah Sumatera Barat dan Jambi

Bustami, Ria (2009) Pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) Mahasiswa Teknologi Pendidikan di Sekolah Menengah Sumatera Barat dan Jambi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RIA BUSTAMI 63737-05-09.pdf] Text
final_B1_RIA BUSTAMI 63737-05-09.pdf

Download (90kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) Mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan di Sekolah Menengah Sumatera Barat dan Jambi di lihat dari segi pra pelaksanaan, pelaksanaan dan kendala-kendala dalam pelaksanaan PPLK. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana Pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) Mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan di Sekolah Menengah Sumatera Barat dan Jambi. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) Mahasiswa Teknologi Pendidikan di Sekolah Menengah Sumatera Barat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, yang menjadi populasi adalah seluruh Mahasiswa Teknologi Pendidikan BP 2005 yang melaksanakan PPLK di semester Juli–Desember 2008. Sampel penelitian diambil secara total sampling (semua populasi). Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Pengambilan data primer diperoleh melalui angket (pelaksanaan PPLK), sedangkan data sekunder diperoleh melalui dokumentasi dari Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendididkan FIP UNP dan buku panduan petunjuk PPLK. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif dengan perhitungan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan PPLK di lihat dari segi pra pelaksanaan mahasiswa telah dibekali dengan berbagai keterampilan mengajar dalam pembelajaran mikro (95,1%) dan mahasiswa mengikuti coaching (98,4%) sehingga mahasiswa memahami prosedur pra pelaksanaan PPLK. Di lihat dari segi pelaksanaan dosen pembimbing hadir di sekolah latihan saat saudara melakukan orientasi latihan mandiri (25,8%), dibimbing penuh oleh dosen pembimbing PPLK saat latihan mengajar terbimbing (25,8%), Media yang di gunakan adalah media yang sudah tersedia di sekolah saja (40,3%), dalam proses belajar mengajar media yang di gunakan pada akhir pembelajaran ( 24,2%), dibimbing penuh oleh guru pamong saat melaksanakan latihan mengajar mandiri (53,2%), pada saat ujian akhir praktek mengajar di dampingi oleh dosen pembimbing PPLK (25,6%). Di lihat dari kendala-kendala dalam PPLK terkendala dalam membuat Rencana Program Pembelajaran (30,6%), penyampaian materi pembelajaran (46,8%), melaksanakan evaluasi (12,9%) dan menciptakan ketertiban, kedisiplinan, kenyamanan dalam proses belajar mengajar (56,4%).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK),Teknologi Pendidikan.Pelaksanaan PPLK
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 25 Sep 2025 08:50
Last Modified: 25 Sep 2025 08:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25578

Actions (login required)

View Item
View Item