Anggriyani, Ria (2011) Pengembangan Modul Bilingual Dilengkapi Peta Konsep pada Materi Sistem Regulasi sesuai Kurikulum 2006 untuk Kelas XI Semester II Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_RIA ANGGRIYANI-73055-2011.pdf [thumbnail of final_B1_RIA ANGGRIYANI-73055-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_RIA ANGGRIYANI-73055-2011.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pemerintah selalu berusaha meningkatkan mutu pendidikan, salah satunya adalah dengan menyelenggarakan Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI). Dalam pelaksanaannya ditemukan kendala, diantaranya adalah terbatasnya jumlah media cetak bilingual yang sesuai dengan kurikulum 2006/KTSP untuk menunjang pembelajaran di RSBI. Hal tersebut mengakibatkan guru masih cenderung menggunakan media cetak berbahasa Indonesia yang dipandang lebih sesuai dengan kurikulum disamping guru sendiri masih mengalami kesulitan dalam menggunakan bahasa Inggris secara lisan, padahal penggunaan bahasa Inggris sangat dianjurkan. Masalah lain adalah belum tersedianya modul bilingual dilengkapi peta konsep yang valid dan praktis yang dapat menyamakan pemahaman siswa terhadap pembagian sub-sub konsep materi sistem regulasi yang berbeda dari beberapa buku ajar yang digunakan di RSBI. Berdasarkan hal tersebut perlu dikembangkan modul bilingual dilengkapi peta konsep pada materi sistem regulasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas modul bilingual dilengkapi peta konsep pada materi sistem regulasi yang dihasilkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan 4-D models yang terdiri dari 4 tahap yaitu, define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Tahap define terdiri dari analisis ujung depan, analisis media yang ada, analisis siswa dan analisis tugas. Pada tahap design dilakukan perancangan modul bilingual dilengkapi peta konsep. Pada tahap develop dilakukan uji validitas oleh validator (3 orang dosen biologi dan 3 orang guru biologi R SMA BI) dan uji praktikalitas oleh 3 orang guru biologi R SMA BI dan siswa kelas XI IPA R SMA BI. Tahap disseminate tidak dilakukan. Hasil uji validitas oleh validator menunjukkan bahwa modul ini valid ditinjau dari aspek didaktik, konstruksi dan teknis. Hasil uji praktikalitas modul oleh guru dan siswa menunjukkan bahwa modul ini praktis ditinjau dari aspek kemudahan penggunaan, manfaaat yang didapat dan efisiensi waktu pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa modul bilingual dilengkapi peta konsep pada materi sistem regulasi yang dihasilkan sudah valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran di RSBI.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI) |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > P Philology. Linguistics Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 08:42 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 08:42 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25576 |