Amellia, Rezky (2012) Penerapan Numbered Heads Together pada Pembelajaran Matematika dengan Memperhatikan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_REZKY AMELLIA_2786.pdf [thumbnail of final_B1_REZKY AMELLIA_2786.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_REZKY AMELLIA_2786.pdf
Download (1MB)
Abstract
Berdasarkan observasi di SMA Negeri 3 Payakumbuh, hasil belajar matematika siswa masih rendah dan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika masih kurang aktif. Siswa juga malas bertanya bila ada materi yang kurang dipahami. Disamping itu, setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam menerima dan memproses suatu informasi, sehingga siswa akan menempuh cara yang berbeda pula untuk menerima informasi tersebut. Salah satunya adalah adanya perbedaan gaya belajar. Namun perbedaan gaya belajar belum menjadi perhatian saat pembelajaran. Dari permasalahan ini, diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan memperhatikan gaya belajar siswa yang diperkirakan dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah aktivitas belajar siswa yang memiliki gaya belajar auditori, kinestetik dan visual selama penerapan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT? (2) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang memiliki gaya belajar auditori, kinestetik dan visual setelah dilaksanakan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT? Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen dengan rancangan penelitian The One Shoot Case Study. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Payakumbuh Tahun Pelajaran 2011/2012. Data aktivitas siswa selama pembelajaran diperoleh dengan melakukan observasi terhadap aktivitas siswa dan data hasil belajar matematika siswa diperoleh melalui tes akhir. Dari hasil analisis data terlihat bahwa secara umum aktivitas siswa mengalami peningkatan untuk setiap pertemuan, sedangkan dari hasil tes akhir didapat sedangkan , sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa dengan gaya belajar auditori, kinestetik dan visual setelah diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Numbered Heads Together (NHT),Pembelajaran kooperatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 07:56 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 07:56 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25573 |