Hikmah, Rezkiyana (2011) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Pelajaran Matematika di Kelas VII SMPN 5 Payakumbuh Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_REZKIYANA HIKMAH_83942_2011.pdf [thumbnail of final_B1_REZKIYANA HIKMAH_83942_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_REZKIYANA HIKMAH_83942_2011.pdf
Download (615kB)
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran matematika yang berkelompok di kelas VII belum maksimal. Hal ini terlihat dari kurangnya aktivitas siswa untuk ikut berpartisipasi aktif saat belajar dan kurangnya sikap tanggung jawab siswa dengan sesama anggota kelompok dalam memahami materi dan menyelesaikan tugas kelompok sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang masih rendah. Untuk itu diterapkan model pembelajaran kooperatif yang dapat memaksimalkan diskusi kelompok sehingga hasil belajar dan aktivitas siswa dapat meningkat. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah aktivitas belajar siswa selama penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran matematika? (2) Apakah hasil belajar siswa kelas VII yang diterapkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi dari pada hasil belajar matematika siswa yang diterapkan dengan pembelajaran konvensional?. Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang diterapkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diterapkan dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah gabungan antara penelitian eksperimen dan deskriptif dengan model rancangan Randomized Control Group Only Desain. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 5 Payakumbuh. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII.5 dengan 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.2 dengan 29 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar berupa tes essay. Berdasarkan hasil observasi, secara umum terjadi peningkatan aktivitas siswa selama penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dari pertemuan pertama sampai pertemuan keenam. Berdasarkan analisis data pada selang 95 % dengan α = 0,05, diperoleh P-value = 0,014. Rata-rata hasil tes akhir di kelas eksperimen adalah 73,61 dan di kelas kontrol adalah 61,83. Karena P- value > α berarti hipotesis penelitian ini diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diterapkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi dari pada hasil belajar matematika siswa yang diterapkan dengan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran kooperatif,Kelas VII SMP |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 07:54 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 07:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25570 |