Pengembangan Media Pembelajaran dalam Bentuk Compact Disc (CD) Interaktif Materi Sistem Pencernaan Manusia untuk Tingkat Sekolah Menengah Pertama

Zumeri, Serly (2011) Pengembangan Media Pembelajaran dalam Bentuk Compact Disc (CD) Interaktif Materi Sistem Pencernaan Manusia untuk Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SERLY_ZUMERI_73066_199_2011.pdf] Text
final_B1_SERLY_ZUMERI_73066_199_2011.pdf

Download (188kB)

Abstract

Guru merupakan orang yang berperan dalam perubahan siswa dalam aspek
kognitif, afektif, dan psikomotor. Dalam menjalankan perannya guru masih
mendapatkan hambatan berupa kurangnya motivasi, minat dan antusias siswa dalam
pembelajaran biologi serta kurangnya penggunaan media pembelajaran. Ketersediaan
fasilitas laboratorium komputer di sekolah dapat dimanfaatkan guru dalam
pembelajaran karena pada saat ini sudah banyak dikembangkan media interaktif
berbasis komputer yang menarik. Media interaktif dapat memvisualisasikan materi
biologi yang bersifat abstrak menjadi konkrit. Misalnya pada materi sistem
pencernaan manusia yang dipelajari pada kelas VIII semester satu. Namun
pemanfaatan laboratorium komputer masih belum maksimal karena materi biologi
dalam media interaktif yang dapat digunakan dalam pembelajaran biologi untuk
tingkat SMP masih sedikit. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian dengan
tujuan menghasilkan media pembelajaran dalam bentuk compact disc (CD) interaktif
materi sistem pencernaan untuk tingkat sekolah menengah pertama yang dikenal
dengan media CD interaktif yang valid dan praktis.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan
model 4D yaitu define, design, develop dan disseminate. Namun dalam penelitian ini
tahap disseminate tidak dilakukan. Tahap define terdiri dari analisis kurikulum,
analisis siswa dan analisis media. Tahap design dilakukan perancangan media CD
Interaktif menggunakan program Macromedia Flash. Tahap develop dilakukan
melalui uji validitas oleh validator dan uji praktikalitas oleh guru dan siswa di SMPN
33 Padang kelas VIII1. Data yang dikumpulkan dari penelitian ini adalah data
pengujian validitas media pembelajaran dalam bentuk CD interaktif oleh guru dan
dosen serta data pengujian praktikalitas media CD interaktif oleh guru dan siswa.
Data dianalisa dengan analisis deskriptif.
Dari penelitian ini telah dibuat media CD interaktif program macromedia
flash. Hasil uji validitas yang dilakukan oleh 5 orang validator dalam aspek isi
(materi), konstruk (bentuk) dan bahasa, menunjukkam media CD interaktif valid
dengan revisi ringan. Hasil uji praktikalitas media oleh guru dan siswa dalam aspek
manfaat yang didapat, kemudahan dalam penggunaan dan kesesuaian dengan waktu
menunjukkan media CD interaktif ini praktis.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 25 Sep 2025 07:54
Last Modified: 25 Sep 2025 08:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25569

Actions (login required)

View Item
View Item