Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Bernyanyi dengan Metode Cooperatif Learning di Kelas VIII.4 SMP Negeri 1 Simpang Alahan Mati, Kabupaten Pasaman.

Jumaini, Jumaini (2011) Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Bernyanyi dengan Metode Cooperatif Learning di Kelas VIII.4 SMP Negeri 1 Simpang Alahan Mati, Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_JUMAINI_52729_5273_2011.pdf] Text
final_B1_JUMAINI_52729_5273_2011.pdf

Download (167kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan lagu Nusantara yang meliputi bernyanyi sesuai dengan tanda berirama, tinggi rendahnya nada , pengucapan yang benar, dan ekspresi pada siswa kelas VIII.4 di SMP Negeri 1 Simpang Alahan Mati, Kabupaten Pasaman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode Cooperatif Learning dengan instrumen pokok adalah penelitian sendiri. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembaran observasi dan tes hasilbelajar. Lembaran observasi digunakan untuk mengetahui keaktivan siswa dalam kerja keompok, sedangkan hasil tes belajar digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Seni Budaya setelah akhir pokok bahasan habis. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Dari hasil penelitian aktivitas positif meningkat dan aktivitas negatif mulai menghilang sedangkan nilai rata-rata tes akhir belajar meningkat dari 69,83 pada siklus I menjadi 76 pada siklus II. Hal ini menunjukan kerja kelompok dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas VIII.4 SMP Negeri 1 Simpang Alahan Mati, Pasaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Siswa dalam Bernyanyi, Metode Cooperatif Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 25 Sep 2025 07:54
Last Modified: 25 Sep 2025 07:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25568

Actions (login required)

View Item
View Item