Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Berbasis Multiple Intelegences terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MA KMI Diniyyah Puteri Padang Panjang

Nurva, Helmis (2012) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Berbasis Multiple Intelegences terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MA KMI Diniyyah Puteri Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_HELMIS NURVA_84105.pdf] Text
final_B1_HELMIS NURVA_84105.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar fisika di MA. KMI diniyyah Puteri Padang
panjang adalah proses pembelajaran yang belum melibatkan secara optimal kecerdasan yang
dimiliki oleh siswa, serta model pembelajaran yang kurang bervariasi. Untuk mengatasi
permasalahan tersebut digunakan model pembelajaran coopertive learning tipe jigsaw berbasis
multiple inelegences. Untuk melihat keberhasilan model ini, dikaji perbedaan hasil belajar siswa
yang diajar menggunakan model pembelajaran coopertive learning tipe jigsaw berbasis multiple
intelegences dengan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw.
Penelitian ini menerapkan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design
dengan populasi adalah semua siswa kelas X MA KMI Diniyyah Puteri padang panjnag Tahun
Ajaran 2011-2012. Sedangkan sampel adalah kelas XB sebagai kelas eksperimen dan XA
sebagai kelas kontrol yang diambil melalui Cluster Random Sampling. Data hasil penelitian ini
adalah berupa hasil tes tertulis untuk ranah kognitif, dan pengamatan/observasi untuk ranah
afektif.
Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa hasil belajar pada ranah kognitif secara ratarata
di kelas eksperimen adalah 70,45 dan di kelas kontrol adalah 58,57. Dengan menggunakan
analisis variansi dua arah diperoleh t tabel = 1,67 dan t hitung = 2,64. Hasil belajar ranah afektif
secara rata-rata di kelas eksperimen adalah 73,6% dan di kelas kontrol adalah 63%. Dengan
demikian model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw berbasis multiple intelegences
berpengaruh terhadapa hasil belajar siswa kelas X MA KMI Diniyyah puteri Padang Panjang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 25 Sep 2025 07:53
Last Modified: 25 Sep 2025 07:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25567

Actions (login required)

View Item
View Item