Peningkatan Efektivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Kontekstual pada Pembelajaran Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas IX.2 SMP N 14 Padang

Rosita, Helmi f (2009) Peningkatan Efektivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Kontekstual pada Pembelajaran Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas IX.2 SMP N 14 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_HELMI_ROSITA_71161_2009.pdf] Text
final_B1_HELMI_ROSITA_71161_2009.pdf

Download (171kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan dan pengalaman guru mata pelajaran Teknologi
Informasi dan Komunikasi di kelas IX.2 SMP Negeri 14 Padang belum mencapai
batas tuntas, permasalahannya adalah kurangnya aktivitas siswa dalam
pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi dikarenakan pembelajaran
hanya terfokus pada guru (Teaching Center), pendekatan pembelajaran yang
digunakan guru kurang menarik, peserta didik tidak diperkenalkan dengan sarana
atau fasilitas yang dapat mendukung proses belajar mengajar, siswa hanya
terfokus pada materi yang diberikan guru sehingga siswa tidak mampu
mempraktekkannya diluar sekolah dan berujung pada hasil belajar siswa yang
rendah. Oleh karena itu maka peneliti mengunakan Pendekatan Contextual
Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa di kelas IX.2 SMP N 14 Padang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa kelas IX.2 SMP N 14 Padang pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan
Komunikasi
Metode penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap
siklus terdapat empat tahapan yakni : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan
refleksi. Untuk mendapatkan data digunakan instrument berupa lembar observasi
terhadap aktivitas dan lembar penilaian hasil belajar siswa. Data aktivitas dan hasil
belajar siswa diolah dengan menggunakan persentase. Hasil belajar yang diperoleh
setelah dilakukan tindakan kelas melalui pendekatan Contextual Teaching and
Learning kelas IX.2 SMP N 14 Padang pada Siklus I menunjukkan bahwa secara
klasikal nilai siswa sebesar 55,6% belum mencapai ketuntasan klasikal yaitu 70%
siswa yang tuntas belajar 20 siswa dari 36 siswa dengan nilai rata-rata 64,81. pada
siklus II yang tuntas belajar 30 siswa secara klasikal nilai siswa sebesar 83,33%,
dengan nilai rata-rata 70,69
Dari penelitian ini yang diperoleh maka dapat diambil kesimpulan bahwa
dengan penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning aktivitas dan
hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi
dapat ditingkatkan. Bagi guru disarankan agar menggunakan pendekatan
Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 25 Sep 2025 07:52
Last Modified: 25 Sep 2025 07:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25565

Actions (login required)

View Item
View Item