Hubungan Motivasi dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Siswa SD N 11 Talamau kab.

Jumadril, Jumadril (2011) Hubungan Motivasi dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Siswa SD N 11 Talamau kab. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_JUMADRIL_92263_2011.pdf] Text
final_B1_JUMADRIL_92263_2011.pdf

Download (158kB)

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi rendahnya hasil belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan siswa di SD N 11 Talamau Kabupaten pasaman Barat. Penelitian ini adalah jenis penelitian korelasi yang bertujan untuk mengungkapkan hubungan motivasi dengan hasil belajar Penjas Orkes siswa SD IV, V/a, V/b, VI/a, dan VI/b talamau yang tergabung dalam mata pelajaran pendidikan jasmani Olahraga kesehatan, yang berjumlah 168 orang siswa. Dari 168 orang terdapat 66 orang siswa laki-laki dan 102 siswa perempuan. Pengambilan sampel hanya berdasarkan jumlah siswa perempuan saja yang dimaksudkan agar sampel nantinya menjadi homogeny. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 26 orang. Pengambilan data minat dilakukan dengan angket yang di hitung dengan menggunakan skala likert dan hasil belajar berdasarkan nilai hasil ujian praktek. Data dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi. Hasil analisa data menunjukan: Motivasi memiliki hubungan yang bermakna dengan hasil belajar Penjas dengan besar korelasi sebesar 0,708. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa motivasi merupakan faktor yang dapat meningkatkan hasil belajar penjas Orkes siswa. Oleh Karena itu, faktor ini perlu jadi perhatian dalam rangka meningkatkan hasil belajar Penjas siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hubungan Motivasi, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
S Sport
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 25 Sep 2025 07:52
Last Modified: 25 Sep 2025 07:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25564

Actions (login required)

View Item
View Item