Hubungan Kemampuan Menulis Buku Harian dan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Muara Bungo

Lestari, Helmi (2011) Hubungan Kemampuan Menulis Buku Harian dan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Muara Bungo. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_HELMI_LESTARI_HARAHAP_83450_4843_2011.pdf] Text
final_B1_HELMI_LESTARI_HARAHAP_83450_4843_2011.pdf

Download (277kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tiga hal sebagai berikut.
Pertama, mendeskripsikan kemampuan menulis buku harian siswa kelas X SMA
Negeri 3 Muara Bungo. Kedua, mendeskripsikan kemampuan menulis cerpen
siswa kelas X SMA Negeri 3 Muara Bungo. Ketiga, menganalisis hubungan
kemampuan menulis buku harian dan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri
3 Muara Bungo.
Pengumpulan data dilakukan melalui alat utama yaitu tes. Tes yang
digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan menulis buku harian dan
kemampuan menulis cerpen. Penganalisisan data dilakukan secara deskriptifanalitis
sesuai dengan penerapan konsep penelitian korelasi.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa, pertama
kemampuan menulis buku harian siswa kelas X SMA Negeri 3 Muara Bungo
diklasifikasikan menjadi 3 kategori, yaitu baik, cukup, dan kurang serta rata-rata
kemampuan menulis buku harian kelas X SMA Negeri 3 Muara Bungo berada
pada kualifikasi cukup. Kedua, kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA
Negeri 3 Muara Bungo diklasifikasikan menjadi 3 kategori, yaitu baik, lebih dari
cukup, dan hampir cukup serta rata-rata kemampuan menulis cerpen kelas X SMA
Negeri 3 Muara Bungo berada pada kualifikasi lebih dari cukup. Ketiga, terdapat
hubungan yang signifikan antara kemampuan menulis buku harian dan
kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 3 Muara Bungo pada
derajat kebebasan n-2 dan taraf signifikan 95%. Dengan niai korelasi sebesar
0,718 dan uji hipotesis nilai t sebesar 5,742 dengan demikian menulis buku harian
dapat digunakan untuk merangkai cerita yang utuh di dalam cerita pendek atau
cerpen

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 25 Sep 2025 07:51
Last Modified: 25 Sep 2025 07:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25561

Actions (login required)

View Item
View Item