Sora, Sesrini (2011) Faktor - faktor Penyebab Kesulitan Belajar pada Pelajaran Busana Wanita Siswa Kelas XI Jurusan Tata Busana SMK N 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SESRINI SORA-65677-2011.pdf [thumbnail of final_B1_SESRINI SORA-65677-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SESRINI SORA-65677-2011.pdf
Download (184kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang Faktor –
Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Pada Pelajaran Busana Wanita Siswa Kelas XI
Jurusan Tata Busana SMK N Padang, yang meliputi 2 indikator yaitu: (1). Faktor
kesulitan belajar yang disebabkan oleh kebiasaan belajar siswa, dan (2). Faktor
kesulitan belajar yang disebabkan oleh fasilitas belajar.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Tata Busana
SMK N 8 Padang, tahun masuk 2009/2010. Jumlah populasi dalam penelitian ini
adalah 21 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan
teknik total sampling, dimana keseluruhan populasi dijadikan sampel penelitian
(21 orang). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen
berupa angket dengan menggunakan angket model skala likert, dengan alternatif
jawaban Selalu, Sering, Kadang – Kadang, dan Tidak Pernah. Untuk melihat
validitas dan reliabilitas instrumen dilakukan uji coba dan dianalisis dengan
menggunakan program SPSS vs 16.0. Dari hasil uji coba instrumen diperoleh 10
item instrumen yang tidak signifikan (gugur) dari keseluruhan jumlah item
instrumen (60). Análisis data dilakukan dengan menggunakan rumus persentase
tingkat ketercapaian skor.
Berdasarkan hasil dari penelitian dan analisa data dapat disimpulkan
bahwa tingkat kesulitan belajar yang dihadapi siswa dalam belajar praktek
menjahit Busana Wanita dilihat dari indikator kebiasaan belajar siswa dengan
persentase 64,62% termasuk kedalam kategori tinggi, dan dari indikator fasilitas
belajar dengan persentase 69,70% juga termasuk kedalam kategori tinggi.
Dengan hasil analisa kedua indikator ini menunjukkan kategori tinggi
memberikan gambaran bahwa kebiasaan belajar masing – masing siswa dan
fasilitas belajar masih belum optimal, dengan tingkat kesulitan belajar yang tinggi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 04:18 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 04:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25559 |