Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak melalui Permainan Maze dengan Menggunakan Bentuk-bentuk Geometri di TK Uswatun Hasanah Padang

Yanti, Rezi Putri (2011) Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak melalui Permainan Maze dengan Menggunakan Bentuk-bentuk Geometri di TK Uswatun Hasanah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_REZI_PUTRI_YANTI_93937_2011.pdf] Text
final_B1_REZI_PUTRI_YANTI_93937_2011.pdf

Download (988kB)

Abstract

Kemampuan kognitif anak di TK Uswatun Hasanah Padang masih rendah (di bawah KKM yang diterapkan). Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan kognitif anak terhadap pemahaman bentuk-bentuk geometri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian anak TK Uswatun Hasanah kelas Sidiq B2 yang berjumlah 19 orang anak dengan menggunakan metode demonstrasi praktek langsung, teknik yang digunakan dalam pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan format hasil penelitian anak, selanjutnya diolah dengan teknik persentase. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian disetiap siklus telah menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif anak dari siklus I pada umumnya masih terlihat rendah yaitu nilai sangat tinggi 26%, nilai tinggi 32% dan nilai rendah 42%, pada siklus I peningkatan kemampuan kognitif anak terlihat masih kurang dan dilanjutkan pada siklus II perkembangan kognitif anak menjadi lebih meningkat serta menunjukkan hasil yang positif yaitu nilai sangat tinggi 89%, nilai tinggi 11% dan tidak anak yang mendapat nilai rendah. Kecenderungan peningkatan terbesar dicapai pada kemampuan serta keberanian anak dalam melakukan permainan maze dengan bentuk-bentuk geometri di TK Uswatun Hasanah sehingga hasil rat-rata kemapuan kognitif anak melebihi kriteria ketuntasan maksimal yang telah ditetapkan. Ternyata kemampuan kognitif anak mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan permainan maze dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak di TK Uswatun Hasanah Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan kognitif anak,Observasi, wawancara, format hasil penelitian,Permainan maze
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 25 Sep 2025 04:16
Last Modified: 25 Sep 2025 04:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25544

Actions (login required)

View Item
View Item