Mela, Minda Misda (2021) Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Peta Konsep Menggunakan Pendekatan STEM dengan Model PBL pada Materi Gelombang Mekanik dan Stasioner Untuk Melatih Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_MINDA_MISDA_MELA_16033018_924_2021.pdf [thumbnail of B1_05_MINDA_MISDA_MELA_16033018_924_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_MINDA_MISDA_MELA_16033018_924_2021.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian yang dilakukan ini dilatarbelakangi karena terdapat masih kurangnya
sumber belajar yang digunakan untuk melatih kemampuan berfikir kreatif dan
menarik minat peserta didik untuk mempelajari pelajaran fisika di sekolah, yang
berakibat rendahnya minat dan kemapuan berfikir peserta didik pada pelajaran
fisika. Oleh sebab itu, peneliti mencoba mengembangkan bahan ajar fisika
berbasis peta konsep menggunakan pendekatan STEM dengan model PBL sebagai
upaya untuk menarik minat peserta didik dalam mempelajari fisika dan melatih
kemampuan berfikir kreatifnya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah
menghasilkan bahan ajar fisika berbasis peta konsep menggunakan pendekatan
STEM dengan model PBL yang valid untuk digunakan.
Penelitian ini merupakan salah satu jenis penelitian pengembangan yang
menggunakan model 4-D dari Thiagarajan dengan 4 tahapan utama yakni Define
(Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan
Disseminate (Penyebaran). Namun dalam penelitian ini dibatasi hanya sampai 3
tahapan awal, sehingga untuk tahap Disseminate tidak dilakukan. Produk akhir
yang dihasilkan dari penelitian ini berupa bahan ajar fisika berbasis peta konsep
menggunakan pendekatan STEM dengan model PBL pada materi gelombang
mekanik dan gelombang stasioner.
Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket
lembar validitas yang diisi oleh 3 orang dosen ahli yang kemudian hasil validasi
tersebut akan dianalisis menggunakan persamaan momen kappa (k) untuk
mengetahui tingkat kevalidan dari bahan ajar yang dikembangkan. Berdasarkan
hasil analisis menggunakan momen kappa (k), bahan ajar yang dikembangkan
tersebut memperoleh hasil rata-rata momen kappa sebesar 0.84 dengan kategori
sangat tinggi. Sehingga dapat diartikan bahan ajar fisika berbasis peta konsep
menggunakan pendekatan STEM dengan model PBL pada materi gelombang
mekanik dan stasioner untuk melatih kemampuan berfikir kreatif peserta didik
valid untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar Fisika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 04:15 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 04:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25533 |