Analisis Kesesuaian Materi IPA dengan Tujuan Kurikulum pada Buku Teks Pelajaran IPA SMP/MTs Kelas VIII Semester 1 untuk Diintegrasikan dengan Materi Banjir

Ardiansyah, Mimo Putra (2019) Analisis Kesesuaian Materi IPA dengan Tujuan Kurikulum pada Buku Teks Pelajaran IPA SMP/MTs Kelas VIII Semester 1 untuk Diintegrasikan dengan Materi Banjir. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_Mimo_Putra_Ardiansyah_14033035_1896_2019.pdf] Text
B1_05_Mimo_Putra_Ardiansyah_14033035_1896_2019.pdf

Download (6MB)

Abstract

Indonesia merupakan kepulauan yang rawan bencana hidrometeorologi
seperti Banjir. Dampak yang ditimbulkan oleh bencana Banjir hampir setiap
tahunnya mengalami peningkatan baik dari korban jiwa, harta benda maupun
kerusakan fasilitas umum. Untuk mengurangi dampak dari bencana Banjir perlu
dilakukan pengurangan risiko bencana Banjir melalui pendidikan yang terintegrasi
dengan materi Banjir. Salah satu Mata pelajaran yang sesuai untuk diintegrasikan
yaitu mata pelajaran IPA. Namun, faktanya dilapangan belum ada buku teks yang
beredar yang terintegrasi dengan materi Banjir. Sehingga perlu adanya analisis
kesesuaian materi IPA dengan materi Banjir. Sebelum mengintegrasikan materi
Banjir ke dalam materi IPA perlu adanya analisis kesesuaian materi IPA pada
buku teks pelajaran IPA dengan tujuan kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui tingkat kesesuaian materi IPA pada buku teks pelajaran IPA
SMP/MTs kelas VIII semester 1 dengan tujuan kurikulum dan materi Banjir.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Subjek penelitian ini adalah buku teks pelajaran IPA kelas VIII semester 1 yang
diterbitkan Kemendikbud dan Erlangga. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan adalah purposive sampling. Instrumen untuk mengumpulkan data
terdiri atas lembar analisis kesesuaian materi IPA dengan tujuan kurikulum pada
buku teks pelajaran IPA SMP/MTs kelas VIII semester 1 dan lembar analisis
kesesuaian materi IPA dengan materi Banjir.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah kesesuaian buku teks pelajaran IPA
SMP/MTs kelas VIII semester 1 dengan tujuan kurikulum untuk buku yang
diterbitkan Kemendikbud edisi revisi tahun 2016 didapatkan persentase
kesesuaiannya 79,36% (sesuai) dan buku teks pelajaran yang diterbitkan Erlangga
didaptkan persentase kesesuaian 88,57%(sangat sesuai). Kemudian tingkat
kesesuaian materi IPA kelas VIII semester 1 dengan materi Banjir pada KD 3.1
adalah 26,67 dengan kategori kurang sesuai, KD 3.2 adalah 66,67% dengan
kategori sesuai, KD 3.3 adalah 20% dengan kategori tidak sesuai, KD 3.4 dan KD
3.6 adalah 33,33% dengan kategori cukup sesuai, KD 3.5 adalah 46,67% dengan kategori sesuai.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesesuaian Materi IPA
Subjects: Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 25 Sep 2025 04:15
Last Modified: 25 Sep 2025 04:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25530

Actions (login required)

View Item
View Item