Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Tari Dengan Meggunakan Metode Tutor Sebaya di SMA Negeri 1 Pulau Punjung.

Gustina, Reza (2011) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Tari Dengan Meggunakan Metode Tutor Sebaya di SMA Negeri 1 Pulau Punjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_REZA_GUSTINA_83769_5133_2011.pdf] Text
final_B1_REZA_GUSTINA_83769_5133_2011.pdf

Download (203kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam seni tari melalui penggunaan metode tutor sebaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Tiap siklus mengikuti tahap-tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Pulau Punjung. Alat pengumpulan data yang digunakan pedoman observasi dan lembaran tes unjuk kerja siswa. Data yang telah terkumpul diolah secara kuantitatif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan metode tutor sebaya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dimana ide dan gagasannya mucul dalam mengungkapkan gerak dengan tema kreasi gerak tari kuala deli, sehingga siswa menjadi termotivasi dan aktif dalam belajar. Siswa yang biasanya kurang perhatian dalam belajar, sehingga mau memperhatikan, siswa yang tidak mau melakukan gerak saat praktek tari, sehingga mau melakukan gerak tari karena termotivasi dari teman-temannya, siswa yang malu-malu melakukan gerak karena sudah dipadu oleh tutor sebaya sehingga siswa percaya diri saat tampil, dan siswa yang suka keluar masuk kelas saat jam pelajaran tari karena tertarik dengan tari yang dikreasikan oleh tutor sehingga siswa tidak ada lagi keluar masuk kelas. Hasil analisis tes hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu siklus I rata-rata 68,2% menjadi 77,6% pada siklus ke II. Dari hasil pengamatan aktivitas positif siswa terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu siklus I 64,3% menjadi 85,8% pada siklus II. Dan aktivitas negatif terjadi pengurangan dari siklus I ke siklus II yaitu 13,8% pada siklus I 4% pada siklus II. Dengan demikian metode tutor sebaya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Pulau Punjung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar,SMA Negeri 1 Pulau Punjung,Kelas XI IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 25 Sep 2025 04:15
Last Modified: 25 Sep 2025 04:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25528

Actions (login required)

View Item
View Item