Juerlian, Juerlian (2011) Penggunaan Pendekatan Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Kelas V SDN 09 Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_JUERLIAN_90688_2011.pdf [thumbnail of final_B1_JUERLIAN_90688_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_JUERLIAN_90688_2011.pdf
Download (325kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh dalam pembelajaran IPA di Kelas V SDN 09 Lubuk Kilangan yang mana hasil belajar belum sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan pendekatan Inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar IPA di Kelas V SDN 09 Lubuk Kilangan Kota Padang. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari 2 siklus dengan empat pertemuan. Tahap-tahap penelitian adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa Kelas V SDN 09 Lubuk Kilangan Kota Padang. Hasil penelitian menunjukkan siklus I untuk hasil belajar siswa pada tahap aspek kognitif 70% meningkatkan menjadi 90% pada siklus II, aspek afektif pada siklus I 70% meningkatkan menjadi 83% pada sklus II, aspek psikomotor pada siklus I 73% meningkatkan menjadi 83% pada siklus II.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V SDN 09 Lubuk Kilangan Kota Padanag.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Inkuiri, Meningkatkan Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 04:13 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 04:13 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25519 |