Syafrina, Nasmi Elda (2011) Peluang Penggunaan Hak Siswa dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VII SMP Negeri Kubung Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_NASMI_ELDA_SYAFRINA_79266_2011.pdf [thumbnail of final_B1_NASMI_ELDA_SYAFRINA_79266_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_NASMI_ELDA_SYAFRINA_79266_2011.pdf
Download (142kB)
Abstract
Skripsi ini mengkaji tentang peluang penggunaan hak siswa dalam prosespembelajaran Pendidikan kewarganegaraan di kelas VII SMP Negeri 4 Kubung. Tujuanpenelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui peluang pengunaan hak siswa mengemukakanpendapat, bertanya, memberikan gagasan dan melakukan penolakan dalam prosespembelajaran di SMP Negeri 4 Kubung, (2) Untuk mengidentifikasi hambatan-hambatanyang dihadapi guru dan siswa dalam mengunaan haknya, (3) Untuk mengetahui bakan gurudan siswa untuk mengatasi hambatan dalam peluang pengunaan hak siswa dalam prosespembelajaran.Jenis penelitian adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Dalampenelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancaramendalam dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Guru PendidikanKewarganegaraan dan siswa. Analisis data menggunakan prosedur atau beberapa tahapansebagai berikut: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: siswa jarang mengunakan hakmengemukakan pendapat, bertanya, menyampaikan gagasan dan melakukan penolakan dalamproses pembelajaran hal itu disebabkan kurangnya motivasi siswa untuk belajar, siswa takutuntuk bertanya, adanya sikap tenaga pendidik yang telah terkondisi, bersikap pasif danmanoton. Upaya yang dilakukan yang dilakukan guru dan siswa untuk mengatasi hambatandalam mengunakan hak mengemukakan pendapat, bertanya, memberikan gagasan danmelakukan penolakan a)Guru selalu mengadakan komonikasi, sharing, dan interaksi dengansiswa, b)Guru Selalu menghadirkan model pembelajaran yang efektif danmenyenagkan,c)Guru Selalu memotivasi dirinya untuk meningkatkan propesionalismenyauntuk meningkatkan kualitass dalam mengajar.Saran: Guru perlu lebih meningkatkan kualitasdan kemampuannya sebagai tenaga yang propesional
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HAK SISWA, PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN |
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 04:11 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 04:11 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25514 |