Reviandi, Reviandi (2011) Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Diklat PDIL Siswa Kelas I Teknik Listrik SMK Negeri 2 Curup Timur Ajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_REVIANDI-53094-2012.pdf [thumbnail of final_B1_REVIANDI-53094-2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_REVIANDI-53094-2012.pdf
Download (305kB)
Abstract
Rendahnya hasil belajar dalam mata pelajaran pemasangan dasar instalasi listrik (PDIL) siswa kelas I Bidang Keahlian Teknik Elektro SMK Negeri 2 Curup Timur Tahun Ajaran 2010/2011,tidak terlepas dari beberapa faktor-faktor yang mempengaruhinya. Motivasi adalah salah satu faktor dari dalam diri siswa yang dapat mendorong keinginan dan dari guru yang menberi motivasi untuk mengikuti pelajaran pemasangan dasar instalasi listrik (PDIL). Motivasi Belajar siswa akan menentukan hasil belajar siswa, maka di harapkan Guru meberi motivasi dalam belajar palajaran pemasangan dasar instalasi listrik (PDIL) mungkin akan mempengaruhi hasil belajar yang diperoleh siswa. Penelitian ini adalah korelasional. Adapun tujuan penelitian korelasional adalah untuk mengetahui hubungan antara Motivasi Belajar siswa dengan hasil belajar siswa pada pelajaran pemasangan dasar instalasi listrik (PDIL). Hipotesis yang diajukan : “Terdapat hubungan yang berarti antara Motivasi Belajar dengan hasil belajar pada pelajaran pemasangan dasar instalasi listrik (PDIL) siswa kelas I SMK N 2 Cururp Timur ”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I Teknik Elektro SMK N 2 Cururp Timur yang berjumlah 20 orang. Sampel dalam penelitian ini merupakan sampael total yang menyatakan bahwa sampel mengulasi 20 siswa, dengan populasi kurang dari 100 lebih baik diambil seluruhnya, didapat jumlah sampel 20 orang. Data tentang Motivasi belajar diperoleh dari penyebaran angket, sedangkan data hasil belajar pada pelajaran pemasangan dasar instalasi listrik (PDIL) diperoleh dari nilai ujian pertengahan semester. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan rumus Korelasi Pearson Product Moment (PPM) dan untuk menguji keberartian koefisien korelasi r, dapat di uji dengan mengunakan uji t sedangkan untuk menguji koefisien diterminasi ×= rKP didapat KP = 24,90 % data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi dengan menggunakan rumus %100 2 rr > ( ) 444,0499,0 > , dan untuk uji keberartian koefisien korelasi didapat tabelhitung tt > 2,443 > 2,101) pada taraf signifikan 5%. Disimpulkan terdapat hubungan yang berarti antara Motivasi tabelhitung Belajar dengan hasil belajar pelajaran pemasangan dasar instalasi listrik (PDIL) siswa kelas I Bidang Keahlian Teknik Elektro SMK Negeri 2 Cururp Timur Tahun Ajaran 2010/2011.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemasangan dasar instalasi listrik (PDIL),SMK Negeri 2 Curup Timur,Bidang Keahlian Teknik Elektro |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 02:33 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 02:33 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25513 |