Dewi, Retna (2011) Pengaruh Penerapan Strategi Belajar Aktif Tipe Hollywood Squares terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII MTsN Durian Tarung Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_RETNA_DEWI_73026_125_2011.pdf [thumbnail of final_B1_RETNA_DEWI_73026_125_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_RETNA_DEWI_73026_125_2011.pdf
Download (585kB)
Abstract
Proses pembelajaran biologi di MTsN Durian Tarung Padang masih terpusat pada guru yang mengakibatkan siswa kurang termotivasi dan rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran biologi. Banyak upaya yang dapat dilakukan guru agar siswa dapat termotivasi dalam proses pembelajaran dan mendapatkan hasil belajar yang lebih baik, salah satunya yaitu dengan penerapan strategi belajar aktif tipe hollywood squares. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi belajar aktif tipe hollywood squares terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII MTsN Durian Tarung Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, rancangan penelitian yang digunakan adalah randomized control-group postest only design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Durian Tarung Padang yang terdaftar pada tahun 2010/2011 sebanyak 5 kelas, sedangkan sampel adalah kelas VIII sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII sebagai kelas kontrol yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan berupa seperangkat tes hasil belajar yang dilakukan di akhir penelitian.Teknik analisis data uji t dengan kriteria t hitung > t tabel, 4 maka hipotesis diterima dan sebaliknya. Dari hasil penelitian terungkap bahwa kelas eksperimen memiliki rata-rata kelas (72,76) lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata kelas kontrol (66,95). Dari analisis data, diperoleh t hitung adalah 2,05 dan t tabel adalah 1,67 dengan demikian t > t . Ini berarti hipotesis diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh berarti penerapan strategi belajar aktif tipe hollywood squares terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII MTsN Durian Tarung Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Belajar Aktif,Hollywood Squares,Biologi,MTsN Durian Tarung Padang,Siswa Kelas VIII |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 02:31 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 02:31 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25494 |