Untari, Luluk Ayu (2012) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Teknik Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMA N 1 Painan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_Luluk Ayu Untari_2010_57640_1F-TR.pdf [thumbnail of final_B1_Luluk Ayu Untari_2010_57640_1F-TR.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_Luluk Ayu Untari_2010_57640_1F-TR.pdf
Download (255kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan dilapangan yaitu di SMA Negeri 1 Painan, belum optimalnya hasil belajar siswa kelas XI dengan standar kriteria minimum pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang ditetapkan sekolah yaitu ≥ 70 dengan rentangan 0 - 100. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengungkapkan apakah ada pengaruh metode pembelajaran Team Games Tournament terhadap hasil belajar TIK. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Painan. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposeful sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal objektif yang dilakukan uji validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran Data dianalisis dengan statistik parametris diantaranya uji normalitas, uji homogenitas varians dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan Team Games Tournament dengan skor mean = 76,42 lebih baik dari pada model pembelajaran pembelajaran langsung dengan skor mean = 70,44. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 02:31 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 02:31 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25490 |