Meningkatkan Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas VII-7 SMPN 31 Padang dengan Penggunaan Metode Inkuiri

Osmawati, Osmawati (2009) Meningkatkan Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas VII-7 SMPN 31 Padang dengan Penggunaan Metode Inkuiri. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_OSMAWATI 90572-07-09.pdf] Text
final_B1_OSMAWATI 90572-07-09.pdf

Download (74kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis pantun
siswa kelas VII-7 SMPN 31 Padang dengan penggunaan metode inkuiri yang
meliputi struktur, persajakan, dan keharmonisan antara sampiran dan isi pantun.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dengan objek siswa kelas VII-7 SMPN 31 Padang Tahun Pelajaran 2008-2009 yang
berjumlah 32 orang. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 4 tahap kegiatan
yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan
dengan melakukan tes unjuk perbuatan menulis pantun, pengamatan (observasi), dan
pengisian angket. Data diolah dengan data kuatitatif diambil berdasarkan hasil tes
unjuk perbuatan menulis pantun, hasil pengamatan, dan hasil pengisian angket
siswa.
Hasil tes unjuk perbuatan menulis pantun siswa pada Siklus I, yaitu 11
siswa berhasil melewati indikator pencapaian (KKM 73), dan 21 siswa belum
berhasil melewati indikator pencapaian dengan nilai rata-rata 72,5%. Pada siklus II
hasil tes unjuk perbuatan menulis pantun siswa meningkat, yaitu 30 siswa berhasil
melewati indikator pencapaian, dan 2 siswa belum berhasil melewati indikator
pencapaian KKM 73 dengan nilai rata-rata 86,88 %, dengan kualifikasi baik sekali.
Hasil nilai tes unjuk perbuatan menulis pantun siswa pada siklus II meningkat
karena semua siswa mampu menulis pantun melewati indikator pencapaian
(KKM 73). Hasil observasi siswa menulis pantun pada Siklus I, nilai rata-rata
keseluruhan 64,58%, dengan kreteria kurang, sedangkan pada siklus II. nilai ratarata
keseluruhan 91,31%, dengan kriteria sangat bagus. Hasil angket secara
keseluruhan pada siklus I kriteria cukup, sedangkan secara keseluruhan hasil angket
siswa pada siklus II kriteria baik.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut metode inkuiri dapat meningkatkan
kemampuan menulis pantun siswa kelas VII-7 SMPN 31 Padang. Penelitian ini
menunjukan pembelajaran menulis pantun menyenangkan bagi siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN MENULIS PANTUN SISWA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 25 Sep 2025 01:43
Last Modified: 25 Sep 2025 01:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25482

Actions (login required)

View Item
View Item