Meningkatkan Keterampilan Memasang Peniti Jilbab melalui Media Model bagi Anak Tunagrahita Sedang Kelas VIII C1 di SLBN 1 Padang (Single Subjek Research)

Oknevi, Luki (2011) Meningkatkan Keterampilan Memasang Peniti Jilbab melalui Media Model bagi Anak Tunagrahita Sedang Kelas VIII C1 di SLBN 1 Padang (Single Subjek Research). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_LUKI_OKNEVI_78893_826_2011.pdf] Text
final_B1_LUKI_OKNEVI_78893_826_2011.pdf

Download (171kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari hasil pengamatan peneliti di SLBN 1 Padang, ditemukan seorang anak tunagrahita sedang belum mampu memasang jilbab sendiri sesuai dengan langkah-langkahnya, selain itu hampir semua kegiatan anak ini dibantu orang tua, termasuk di dalamnya memasang jilbab yang biasa dikenakannya setiap hari ke sekolah. Kemudian peneliti meminta anak memasang jilbab sendiri terlihat anak sulit dan tidak mampu memasang sendiri mulai dari menggunakan anak jilbab, membentuk jilbab di kepala dan memasang peniti jilbab. Penelitian ini dilakukan bertujuan agar anak tunagrahita sedang dapat memasang jilbab sendiri dengan terampil, benar dan rapi tanpa bantuan orang lain. Hipotesis penelitian ini dinyatakan bahwa media model dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan memasang peniti jilbab anak tunagrahita sedang kelas VIII di SLBN 1 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk Single Subject Researc (SSR), dengan desain A-B subjek penelitian adalah anak tunagrahita sedang. Target behavior dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pencatatan durasi yaitu pencatatan tentang berapa lama waktu yang digunaka anak dalam memasang peniti jilbab hingga rapi. Penelitian ini terlebih dahulu melihat kondisi Baseline yaitu kemampuan awal anak dalam memasang peniti jilbab, setelah itu dilanjutkan dengan kondisi intervensi. Data yang diperoleh diolah melalui garfik, sehingga hasil penelitian ini dapat tergambar dengan jelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan memasang peniti jilbab anak tunagrahita sedang telah menunjukan peningkatan mulai dari memasang anak jilbab, meletakkan jilbab ke kepala dengan benar dan memasang peniti jilbab sendiri, ini terlihat dari catatan waktu yang digunakan anak dimulai dari kondisi baseline yaitu lima menit, hingga kondisi intervensi terhitung satu menit. Dengan demikian hipotesis yang diajukan sebelumnya diterima, artinya melalui media model dapat meningkatkan keterampilan memasang peniti jilbab bagi anak tunagrahita sedang kelas VIII SLBN 1 Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KETERAMPILAN MEMASANG PENITI JILBAB, ANAK TUNAGRAHITA SEDANG
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 25 Sep 2025 01:42
Last Modified: 25 Sep 2025 01:42
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25476

Actions (login required)

View Item
View Item