Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Inkuiri di Kelas V SD Negeri 01 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Padang Tahun Ajaran 2009/2010.

Zarneti, Osma (2010) Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Inkuiri di Kelas V SD Negeri 01 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Padang Tahun Ajaran 2009/2010. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_OSMA_ZARNETI_90275_000_2011.pdf] Text
final_B1_OSMA_ZARNETI_90275_000_2011.pdf

Download (204kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui
pendekatan inkuiri pada siswa kelas V SD Negeri 01 Bandar Buat Kecamatan
Lubuk Kilangan Padang Tahun Ajaran 2009/2010.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri atas
4 tindakan dalam dua siklus. Penelitian ini menggunakan empat tahap tindakan,
yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah
siswa kelas V SD Negeri 01 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan, Padang.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dan
catatan lapangan. Instrument penelitian berupa tes hasil belajar, lembar observasi,
pedoman wawancara, dan lembar catatan lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan
menggunakan pendekatan inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa.
Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat pada: (a) rata-rata skor aspek afektif
siswa pada siklus I pertemuan 1 diperoleh nilai 55 dan berada pada kriteria
kurang baik, lalu meningkat pada pertemuan 2 siklus I menjadi 59 tetapi masih
berada pada criteria kurang baik. Selanjutnya, nilai tersebut meningkat lagi
menjadi 67 pada pertemuan 3 siklus II dengan kriteria cukup, dan terus meningkat
pada pertemuan 4 siklus II menjadi 80,1 dengan kriteria sangat baik, (b) rata-rata
skor aspek psikomotor siswa pada siklus I pertemuan 1 dengan nilai 56,3 berada
pada kriteria kurang baik meningkat pada pertemuan 2 siklus I menjadi 60,3
dengan kriteria cukup. Selanjutnya, nilai tersebut meningkat lagi menjadi 71 pada
pertemuan 3 siklus II dengan kriteria baik, dan terus meningkat pada pertemuan 4
siklus II menjadi 81 dengan kriteria sangat baik, (c) rata-rata skor aspek kognitif
pada siklus I dengan nilai 66,4 dan 16 orang siswa (53,5%) yang mencapai
ketuntasan minimal, sedangan pada siklus II diperoleh 27 orang siswa (86,0%)
yang mencapai criteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENDEKATAN INKUIRI
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 25 Sep 2025 01:42
Last Modified: 25 Sep 2025 01:42
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25474

Actions (login required)

View Item
View Item