Kontribusi Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar pada Standar Kompetensi Sistem Suspensi Kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Padang

Wahyudi, Ludi Agung (2011) Kontribusi Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar pada Standar Kompetensi Sistem Suspensi Kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_LUDI AGUNG WAHYUDI-57585-2011.pdf] Text
final_B1_LUDI AGUNG WAHYUDI-57585-2011.pdf

Download (338kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena di lapangan yang mengindikasikan bahwa kecerdasan emosional siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan rendah yang berakibat pada rendahnya prestasi belajar siswa pada standar kompetensi sistem suspensi. Hal ini terlihat dari kurangnya kemampuan siswa dalam berinteraksi (bergaul) dan bersosialiasi dalam kehidupan bermasyarakat di sekolah. Rendahnya kemampuan siswa dalam memotivasi diri dalam belajar juga merupakan penyebab rendahnya prestasi belajar yang dicapai oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengungkap kontribusi kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar pada standar kompetensi sistem suspensi siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Padang. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: Kecerdasan emosional berkontribusi terhadap prestasi belajar siswa pada standar kompetensi sistem suspensi kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan corelational study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Padang pada semester 4 dengan jumlah populasi sebanyak 85 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 orang yang diambil dengan teknik proportional random sampling. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket dengan model skala likert yang telah diuji validitas dan reliabelitasnya, sedangkan prestasi belajar siswa diambil dari dokumentasi nilai guru mata pelajaran pada standar kompetensi sistem suspensi SMK Negeri 1 Padang pada semester 3 tahun ajaran 2010/2011. Temuan data diolah dengan menggunakan teknik regresi linier dan korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional berkontribusi terhadap prestasi belajar siswa pada standar kompetensi sistem suspensi kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Padang. Dengan besar koefisien korelasinya (r) = 0,443 pada taraf signifikansi 95% dan besarnya kekuatan korelasi kedua variabel adalah sebesar (t) = 3,398. Ini berarti hipotesis H 0 ditolak dan H a diterima. Besarnya kontribusi kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar pada standar kompetensi sistem suspensi kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Padang adalah 19,62%. Dari temuan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional merupakan salah satu faktor penting dalam upaya pencapaian prestasi belajar siswa di sekolah. Oleh sebab itu diperlukan peningkatan oleh faktor tersebut, agar prestasi belajar siswa menjadi lebih baik lagi di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KECERDASAN EMOSIONAL, STANDAR KOMPETENSI SISTEM SUSPENSI
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 24 Sep 2025 08:59
Last Modified: 24 Sep 2025 08:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25470

Actions (login required)

View Item
View Item