Kemampuan Guru dalam Menguasai Konsep-konsep Sosiologi dalam Pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Pariaman

Irwan, Joni (2011) Kemampuan Guru dalam Menguasai Konsep-konsep Sosiologi dalam Pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_JONI_IRWAN_S_46969_850_2011.pdf] Text
final_B1_JONI_IRWAN_S_46969_850_2011.pdf

Download (605kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penerapan kurikulum KTSP, SMP Negeri 1 Pariaman merupakan salah satu sekolah yang berstandar nasional yang ada di kota Pariaman yang talah menerapkan kurikulum KTSP. Dengan penerapan kurikulum KTSP maka pada mata pelajaran IPS digabungkan menjadi sebuah mata pelajaran yang dinamakan mata pelajaran IPS Terpadu. Untuk mengajar IPS Terpadu guru dituntut menguasai empat kajian ilmu sosial berupa Sejarah, Geografi, Ekonomi dan Sosiologi, padahal guru tersebut berlatar belakang jurusan yang berbeda-beda. Permasalahan yang dibahas dalam Skripsi ini adalah kemampuan guru dalam menguasai konsep-konsep sosiologi dalam pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Pariaman. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan kemampuan guru IPS Terpadu dalam merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, mengungkapkan kemampuan guru dalam menguasai konsep-konsep sosiologi dalam pembelajaran IPS Terpadu dan kendala yang dihadapi guru dalam menguasai konsep-konsep dalam pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Pariaman. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 10 februari – 10 April 2010 dengan mengunakan metode penelitian pendekatan kualitatif. Adapun subjek penelitian adalah guru yang mengajar IPS Terpadu dan siswa, sedangkan teknik pengumpulan data dengan cara Observasi, Wawancara dan studi Dokumentasi. Validitas data dilakukan dengan cara triangulasi data, sedangkan analisis data berpedoman pada Miles dan Hubermen yaitu dengan cara reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru yang mengajar SMP Negeri 1 pariaman yang mengajar kelas VII sudah memilki kemampuan dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, sedangkan guru yang mengajar kelas VIII dan IX belum memiliki kemampuan dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Dalam proses pembelajaran guru SMP Negeri 1 pariaman dalam menguasai konsep-konsep sosiologi hanya sebatas konsep dasar saja. Kendala yang di hadapi guru dalam menguasai konsep-kosep sosiologi adalah materi sosiologi masih terasa asing atau baru bagi guru, guru merasa kurang percaya diri dan kurangnya sarana penunjang bagi guru.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Guru, Konsep konsep Sosiologi
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 24 Sep 2025 08:58
Last Modified: 24 Sep 2025 08:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25468

Actions (login required)

View Item
View Item