Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran sejarah kelas XI di SMA 2 Payakumbuh

Frestie, Roesy (2012) Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran sejarah kelas XI di SMA 2 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ROESY FRESTIE_2012.pdf] Text
final_B1_ROESY FRESTIE_2012.pdf

Download (617kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran sejarah dan juga kurang bervariasinya metode yang digunakan guru pada saat proses belajar mengajar berlangsung, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Untuk mengatasi hal itu maka digunakanlah metode mind mapping dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran
Sejarah Kelas XI di SMA 2 Payakumbuh.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasy
eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa IPS kelas XI yang
berjumlah 123 orang yang terdiri dari 4 kelas dan teknik pengambilan sampelnya
adalah purpossive sampling, yaitu kelas XI IPS III sebagai kelas eksperimen dan
XI IPS II sebagai kelas kontrol masing-masing berjumlah 30 orang siswa. Teknik
pengumpulan data adalah tes dan alat pengumpul data yang digunakan adalah
lembaran tes dan lembaran jawaban siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah
hasil belajar siswa dan sumber data adalah nilai siswa. Kemudian data diolah
dengan uji perbedaan (t-test).
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata yang diperoleh siswa
kelompok eksperimen sebesar 80,23 dan siswa kelompok kontrol 63,56. Siswa
kelompok eksperimen yang belajar dengan metode mind mapping memperoleh
nilai rata-rata “lebih tinggi” dibandingkan dengan siswa kelompok kontrol yang
belajar dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa hasil
belajar siswa kelas XI IPS III pada mata pelajaran sejarah memiliki pengaruh uji
signifikan menggunakan metode mind mapping dalam proses pembelajaran di
SMA 2 Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Sep 2025 08:58
Last Modified: 24 Sep 2025 08:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25466

Actions (login required)

View Item
View Item