Pengaruh Komitmen Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Perawatan dan Perbaikan Peralatan Listrik Rumah Tangga Jurusan Listrik Kelas 1 di SMK N 5 Padang

Saputra, Riko (2011) Pengaruh Komitmen Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Perawatan dan Perbaikan Peralatan Listrik Rumah Tangga Jurusan Listrik Kelas 1 di SMK N 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RIKO SAPUTRA-65475-2011.pdf] Text
final_B1_RIKO SAPUTRA-65475-2011.pdf

Download (565kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komitmen siswa dalam belajar dan
untuk mengetahui pengaruh antara komitmen belajar (X) terhadap hasil belajar siswa pada
mata pelajaran Perawatan dan Perbaikan Peralatan Listrik Rumah Tangga (Y) jurusan
listrik kelas 1 di SMK N 5 Padang.
Metode penelitian ini bersifat deskriptif korelasional, yaitu bertujuan untuk
mengetahui suatu gejala pada saat penelitian dilakukan. Subjek penelitiannya adalah siswa
kelas 1 jurusan listrik di SMK N 5 Padang tahun ajaran 2010/2011 yang telah
menyelesaikan mata pelajaran Perawatan dan Perbaikan Peralatan Listrik Rumah Tangga
dan terdaftar pada semester Juli-Desember 2010 yang berjumlah 30 orang. Variabel dalam
penelitian ini adalah komitmen belajar (X) yang merupakan variabel bebas dan hasil
belajar mata pelajaran Perawatan dan Perbaikan Peralatan Listrik Rumah Tangga (Y) yang
merupakan variabel terikat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket
(kuesioner) mengenai komitmen belajar. Untuk menguji validitas angket digunakan teknik
Korelasi Product moment dan untuk reliabilitas digunakan rumus Alpha. Apabila r hitung > r
tabel maka item angket tersebut dinyatakan valid dan reliabel. Berdasarkan analisa data pada
uji coba instrumen , maka diperoleh data dari 48 item pernyataan pada variabel komitmen
belajar, terdapat 11 buah item yang gugur atau tidak valid dan sisanya sebanyak 37 item
bisa digunakan untuk penelitian.
Berdasarkan hasil analisis deskripsi data yang dilakukan 26,67% siswa memiliki
tingkat komitmen belajar yang sangat tinggi, 23,33% siswa memiliki tingkat komitmen
belajar yang tinggi, 30% siswa memiliki tingkat komitmen belajar sedang, 10% siswa
memiliki tingkat komitmen belajar rendah dan 10% siswa memiliki tingkat komitmen
belajar sangat rendah.
Sementara dari deskripsi data hasil belajar Perawatan dan Perbaikan Peralatan
Listrik Rumah Tangga 16,67% siswa mendapat hasil belajar dengan kategori sangat tinggi,
10% siswa mendapat hasil belajar dengan kategori tinggi, 30% siswa mendapat hasil
belajar dengan kategori sedang, 20% siswa mendapat hasil belajar dengan kategori rendah,
23,33% siswa mendapat hasil belajar dengan kategori sangat rendah. Untuk menguji
hipotesis digunakan rumus Korelasi Pearson Product Moment. Dari hasil analisis korelasi
antara komitmen belajar dengan hasil belajar mata pelajaran Perawatan dan Perbaikan
Peralatan Listrik Rumah Tangga diperoleh nilai rs sebesar 0,489 dan untuk uji signifikansi
dimana nilai t hitung > t tabel (2,966 > 1,701), maka Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh
yang signifikan antara komitmen belajar dengan hasil belajar mata pelajaran Perawatan
dan Perbaikan Peralatan Listrik Rumah Tangga siswa jurusan listrik kelas 1di SMK N 5
Padang tahun ajaran 2010/2011. Komitmen belajar memberikan pengaruh terhadap hasil
belajar mata pelajaran Perawatan dan Perbaikan Peralatan Listrik Rumah Tangga dengan
Koefisien diterminan (KP) sebesar 23,91%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Sep 2025 08:58
Last Modified: 24 Sep 2025 08:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25464

Actions (login required)

View Item
View Item