Analisis Butir Soal Lembar Kerja Siswa Studi Kasus di Kelas VII SMP Negeri 10 Padang. Skripsi. Jurusan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah

Sari, Resvi Helvia (2009) Analisis Butir Soal Lembar Kerja Siswa Studi Kasus di Kelas VII SMP Negeri 10 Padang. Skripsi. Jurusan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RESVI HELVIA SARI 67137-05-09.pdf] Text
final_B1_RESVI HELVIA SARI 67137-05-09.pdf

Download (162kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan butir soal objektif LKS bahasa Indonesia semester I kelas VII SMP N 10 Padang secara kuantitatif dan kualitatif serta relevansinya dengan Kurikulum 2006. Secara kuantitatif ditinjau dari validitas butir soal, reliabelitas tes, tingkat kesukaran (IF), daya pembeda (ID), dan keefektifan distraktor. Secara kualitatif meliputi kriteria materi, konstruksi, dan bahasa. Serta kerelevansiannya dengan Kurikulum 2006. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh LKS bahasa Indonesia, yang berjumlah 320 buah, yang tersebar dalam 8 kelas. Sampel diambil 20% dari populasi, yaitu berjumlah 64. Data penelitian ini adalah LKS bahasa Indonesia semester I kelas VII SMP N 10 Padang. Data ini dikumpulkan melalui teknik dokumentasi. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, analisis butir soal secara kuantitatif menunjukkan bahwa (1) secara umum soal yang diujikan sudah valid, (2) tes yang terdapat dalam LKS tersebut reliabel karena r tabel dengan derajat kebebasan 60 pada taraf siknifikan 95% (0, 254) < r hitung (0, 539343757), (3) pada umumnya, butir soal yang diujikan tidak memenuhi syarat ditinjau dari tingkat kesukaran, daya pembeda, dan keefektifan distraktor. Kedua, secara kuantitif, butir soal yang diujikan (1) belum memenuhi kriteria materi, (2) sudah memenuhi kriteria konstruksi, dan (3) belum sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang benar. Ketiga, 5% butir soal dalam LKS relevan dengan kompetensi dasar dalam Kurikulum 2006. Karena hampir separuh butir soal dalam LKS tidak relevan dengan kompetensi dasar kurikulum acuannya, maka dikategorikan belum relevan. Berdasarkan temuan tersebut, diharapkan kepada guru bahasa Indonesia dan pihak sekolah, khususnya SMP Negeri 10 Padang dalam memilih LKS hendaknya lebih teliti. LKS yang dipilih apakah isinya telah sesuai dengan Kurikulum 2006 dan butir soal sesuai dengan persyaratan yang dituntut oleh sebuah tes.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Butir soal Lembar Kerja Siswa (LKS) Bahasa Indonesia Semester I Kelas VII di SMP Negeri 10 Padang
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 24 Sep 2025 08:58
Last Modified: 24 Sep 2025 08:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25462

Actions (login required)

View Item
View Item