Upaya Pengenalan Konsep Angka pada Anak Usia Dini melalui Permainan Putaran Buah-buahan di TK Al-Jannah Tarusan Pesisir Selatan

Rodiati, Rodiati (2011) Upaya Pengenalan Konsep Angka pada Anak Usia Dini melalui Permainan Putaran Buah-buahan di TK Al-Jannah Tarusan Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RODIATI_88505_3527_2011.pdf] Text
final_B1_RODIATI_88505_3527_2011.pdf

Download (621kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masih banyak ditemui anak TK yang
belum mengenal konsep angka, anak hanya mampu menghitung angka saja.
Banyak faktor yang diduga sebagai penyebabnya seperti pembelajaran yang
dilakukan oleh guru yang tidak bervariasi, yang diberikan hanya tentang itu-itu
saja, sehingga dalam belajar anak kurang bersemangat dan anak bosan.
Kurangnya media/sarana penunjang yang dapat dijadikan sebagai media dalam
proses pembelajaran, sehingga pembelajaran yang dilakukan guru kurang menarik
perhatian anak untuk mengikuti pembelajaran dengan baik. Salah satu upaya yang
diperkirakan dapat meningkatkan pengelan konsep angka yaitu melalui permainan
putaran buah-buahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan
mendeskripsikan Pembelajaran pengenalan konsep angka melalui permainan
putaran buah-buahan di TK Al-Jannah Tarusan Pesisir Selatan.
Tujuan dalam melakukan penelitian ini adalah untuk meningkatkan
pengenalan konsep angka kepada Anak Usia Dini di TK Al-Jannah Tarusan
Pesisir Selatan.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan di TK Al-Jannah Tarusan Pesisir Selatan, kelompok B3 tahun
pelajaran 2010/2011 sebanyak 15 orang anak yang terdiri dari 8 laki-laki dan 7
orang perempuan. Objek dalam penelitian ini pengenalan konsep angka pada Anak
Usia Dini di TK Al-Jannah melalui permainan putaran buah-buahan.Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif
kuantitatif dengan menggunakan rumus persentase.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata peningkatan pengenalan
konsep angka melalui permainan putaran buah-buahan pada kondisi awal sebesar
20.2%, pada siklus I meningkat menjadi 37.2%. anak mengenal konsep angka,
dan pada siklus II meningkat menjadi 80.2% anak sudah mengenal konsep angka.
Artinya permainan putaran buah-buahan terbukti dapat meningkatkan pengenalan
konsep angka pada anak TK Al-Jannah Tarusan Pesisir Selatan.
Simpulan yaitu terdapatnya peningkatan perkembangan pengetahuan anak
dalam mengenal konsep angka melalui permainan putaran buah-buahan dari
siklus ke siklus yaitu dari siklus I dengan 3 kali pertemuan dan siklus II dengan 3
kali pertemuan. Saran, media yang digunakan guru hendaknya menarik bagi anak
supaya dalam proses pembelajaran anak tidak bosan dan malas melakukan
kegiatan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Sep 2025 08:57
Last Modified: 24 Sep 2025 08:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25459

Actions (login required)

View Item
View Item