Pengaruh Penerapan Metode Question Student Have terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMP Negeri 5 Padang

Putra, Rocky Lesmana (2011) Pengaruh Penerapan Metode Question Student Have terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMP Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ROCKY_LESMANA_PUTRA_78900_2011.pdf] Text
final_B1_ROCKY_LESMANA_PUTRA_78900_2011.pdf

Download (570kB)

Abstract

Berdasarkan Hasil pengamatan terhadap proses pembelajaran yang penulis
lakukan selama penulis mengikuti praktik lapangan kependidikan pada semester I tahun
ajaran 2009/2010 di SMP Negeri 5 Padang, terdapat rendahnya motivasi siswa dalam
mengaplikasikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru pada mata pelajaran Teknologi
Informasi dan Komunikasi. Siswa cenderung pasif, tidak berani mengungkapkan pendapat
atau pertanyaan dan hasil belajar siswa rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh penerapan metode Question Student Have terhadap hasil belajar siswa kelas VIII
pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMP Negeri 5 Padang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk Quasy
Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Padang
yang terdaftar pada tahun ajaran 20010/2011 yang berjumlah 8 kelas. Teknik yang digunakan
untuk penentuan sampel dalam penelitian ini adalah teknik
purposive sampling sehingga
yang menjadi sampel adalah kelas VIII.7 sebagai kelas eksperimen dan VIII.8 sebagai
kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar,
dan alat pengumpul data yaitu lembaran soal tes. Setelah diperoleh data dilakukan uji
normalitas dan uji homogenitas terhadap data tersebut kemudian dianalisis dengan
menggunakan Uji t.
Dari hasil analisis data terlihat bahwa kelas yang menggunakan metode Question
Student Have memiliki rata-rata nilai 79,25
lebih tinggi dibandingkan dengan
pembelajaran yang berlangsung secara konvensional yang memiliki rata-rata 72,85 dan
dari perhitungan t tes diperoleh t
hitung
3,902 sedangkan t
tabel
2,00. Jadi t
lebih besar dari
t
tabel
(3,902 >2,00) dengan taraf kepercayaan α 0,05. Berarti hipotesis awal H
hitung
Penerapan
metode Question Student Have tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VIII
pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMP Negeri 5 Padang tidak
terbukti, dan Hipotesis kedua H
Penerapan metode Question Student Have berpengaruh
terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan
Komunikasi di SMP Negeri 5 Padang terbukti dan dapat diterima.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Sep 2025 08:55
Last Modified: 24 Sep 2025 08:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25453

Actions (login required)

View Item
View Item