Penerapan Strategi Belajar Aktif Tipe Contract Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 2 X Koto Kabupaten Tanah Datar.

Wardi, Restu (2011) Penerapan Strategi Belajar Aktif Tipe Contract Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 2 X Koto Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RESTU WARDI_86131_2011.pdf] Text
final_B1_RESTU WARDI_86131_2011.pdf

Download (893kB)

Abstract

Suasana belajar kondusif dapat diciptakan apabila terdapat hubungan baik antara guru dan siswa seperti dalam menyepakati aturan - aturan dan sistem penilaiaan selama pembelajaran berlangsung. Suasana kondusif akan membuat siswa senang dalam belajar sehingga diharapkan hasil belajar siswa akan lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh penerapan strategi belajar aktif tipe contract learning terhadap aktifitas dan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Randomized Control Group Only Desain untuk hasil belajar dan deskriptif untuk aktivitas siswa. Populasi penelitian yaitu siswa kelas VIII SMPN 2 X Koto Kab Tanah Datar tahun pelajaran 2010/2011, dan sample dipilih dengan teknik random sampling dengan kelas VIII sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran aktif tipe contract learning dan kelas VIII 2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Untuk mengambil data digunakan tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji hipotesis yaitu uji t pada taraf nyata 0,05. i 3 Hasil analisis lembar observasi menunjukkan bahwa secara umum siswa lebih aktif selama pembelajaran aktif tipe contract learning. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 62,43 sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 51,26. Berdasarkan hasil analisis data pada taraf kepercayaan 95% (α = 0,05) didapat t hitung sebesar 1,89 dan t sebesar 1,68. Dengan demikian t hitung > t , maka hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian, hasil belajar matematika siswa yang diterapkan pembelajaran aktif tipe contract learning lebih baik daripada siswa yang diterapkan pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Randomized Control Group Only Design,Siswa kelas VIII SMPN 2 X Koto
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 24 Sep 2025 08:55
Last Modified: 24 Sep 2025 08:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25452

Actions (login required)

View Item
View Item